Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik ditinjau dari Konsep Diri pada Mahasiswi
Abstract
The aim of this research is to explore the impact of self concept on cosmetic consumtif behavior in female students. This exploration utilizes quantitative strategies with causal comparative approach. Participant of this study consist of 118 female undergraduate students. The hypothesis was analized using regression technique, with SPSS. The results of this study indicate the value of the regression coefficient of r = -0.323 with a significant level of 0.008 (p <0.05) meaning that there is a significant influence of self-concept on consumptive behavior, in a negative direction. This result means that the higher the self-concept owned by the female student, the lower the consumptive behavior of purchasing cosmetics. This study recommends efforts to get good self-concept to reduce consumptive behavior.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggun, P. S. (2021). Kemenperin Catat Penjualan Kometik Melejit Selama Pandemi, ini Alasannya. Diakses pada 27 November 2021, dari https://m.merdeka.com/uang/kemenperin-catat-penjualan-kosmetik-melejit-selama-pandemi-ini-alasannya.html
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berzonsky, M. D. (1981). Adolescent development. Macmillan.
Cooley, C. H. (2017). Human nature and the social order. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203789513
Dahlan, A. M. (1978). Sosialisasi hidup sederhana. Dalam Prisma No.10. Hal 53.
Emirna, R., Ratnaningtas, A., & Adhandayani, A. (2021). pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee pada dewasa awal. In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul (Vol. 1, No. 01).
Estetika, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif siswa perempuan kelas xii Ips. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20352
Faradila, D. A. (2018). Hubungan konsep diri dan perilaku konsumtif online shopping produk pakaian pada mahasiswa (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39266
Fromm, E., & Anderson, L. A. (2017). The sane society. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203820179
Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 126900. https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/UEU-Journal-4427-680-1493-1-SM.pdf
Haryani, I. (2015). hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi jurusan akuntansi program studi s1 uin suska riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6436
Haasiani, N. (2021). Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing. Diakses 29 juni 2022, dari https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2018). Pengaruh uang saku, locus of control, dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025-1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337
Hidayati, R. (2018). Kesehatan Sosial dan Emosi (Social Emotional Health) dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7306/SKRIPSI%20RAHMONA%20HIDAYATI.pdf?sequence=1
Hidayat, A. (2016). Pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pembelian gadget pada mahasiswa Fakultas Hukum non reguler Universitas Islam Riau. An-Nafs, 10(1), 40-49. https://web.archive.org/web/20180423152227id_/http://jurnal.uir.ac.id/index.php/JAN/article/viewFile/787/576
Latifah, F., & Iswari, R. (2013). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Zg5hDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Buku+Pegangan+Ilmu+Pengetahuan+Kosmetik&ots=qIspHBlSvA&sig=D6sqx175Qzf0hwoxnh-vmMsGhvI&redir_esc=y#v=onepage&q=Buku%20Pegangan%20Ilmu%20Pengetahuan%20Kosmetik&f=false
Julianisa, R. D., Safitri, D., & Yasin, H. (2016). Analisis konjon full profile pemilihan bedak untuk mahasiswi departemen statistika Universitas Diponegoro. Jurnal Gaussian. 5(4). Hal 747-756. Online di: http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/gaussian
Lato, M. A. P., & DEWI, D. K. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/25921
Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mecadinisa, N. ( 2021). Melihat Perkembangan Industri Kosmetik Indonesia Pasca Covid-19. Diakses 27 November 2021, dari http://www.fimela.com/beauty/read/4578615/melihat-perkembangan-industri-kosmetik-di-indonesia-pasca-covid-19?page=2.
Octaviani, C., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 126-133.
Piliang, Y. A. (2004). Realitas-‐Realitas Semu Masyarakat Konsumer: Estetika Hiperrealitas dan Politik Konsumerisme. dalam Lifestyle Ecstacy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, ed. IS Ibrahim, Jalasutra, Yogyakarta.
Pohan. M., Jufrizen., & Annisa. A. (2021). Pengaruh konsep diri, kelompok teman sebaya, gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dimoderasi literasi keuangan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan. 2(1). 402-419. DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2il.8304
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen. 2(3). 103-110. http://doi.org.10.5281/zenodo.1410873
Rizaty, M. A. (2021). Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021. Diakses 29 Juni 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetik-tumbuh-559-persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus-2021
Rostanti, Q. (2013). Pasar Kosmetik Indonesia sangat Menjanjikan. Diakses 27 November 2021, dari http://www.replubika.co.id/berita/ekonomi/ritel/13/09/24/mtmbg0-pasar-kosmetik-di-indonesia-sangat-menjanjikan.
Sahroni, A. (2015). Hubungan Antara Citra Diri Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Wajah Pada Mahasiswi Fisip Di Universitas Brawijaya Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). dari http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121806
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sofiana, I. I., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis Universitas X Semarang. Jurnal Empati. 9(1). 58-64. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26922.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26-33.
Sunastiko, K. P., Frieda N. R. H., & Putra, N. A. (2013). Hubungan antara citra diri (self image) dengan perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 2(3). 52-59. https://doi.org/10.14710/empati.2013.5251.
Sumartono, & Djabar, H. B. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan Televisi. Alfabeta.
Syaifudin, A. B. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta). http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3553
Syakri, S. (2017). Analisis Kandungan Rhodamin B sebagai Pewarna pada Sediaan Lipstik Impor yang Beredar di Kota Makassar. Jurnal farmasi UIN Alauddin Makassar, 5(1), 40-45. https://doi.org/10.24252/jurfar.v5i1.2375
Tribuana, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri Dan Konformitas Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 145-155. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma
Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif remaja di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41-49. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/fa62f42dd31983bcb06c07bb1867e94b.pdf
Yuniarsih, N., Indriyati, A., & Munjiani, A. (2021). MASKER WAJAH HERBAL DI INDONESIA. Jurnal Buana Farma: Jurnal Ilmiah Farmasi, 1(1), 17-21. https://doi.org/10.36805/jbf.v1i1.43
Zahrawati, F., & Faraz, N. J. (2017). Pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 131-141. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.9480
DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v4i1.9371
Article Metrics
Abstract Views : 905 timesPDF Downloaded : 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Febiyanti Khoiriyah, Zun Azizul Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.