Resiliensi Akademik Ditinjau dari Strategi Self-Regulated Learning (SLR) pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin
Abstract
Melalui penelitian ini, peneliti ingin membuktikan seberapa besar pengaruh strategi self-regulated learning (SLR) terhadap kemampuan resiliensi akademik mahasiswa pascasarjana multidisiplin. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan angket tentang strategi SLR yang menggunakan teori Zimmerman & Martines (1989) serta skala ketahanan akademik dari teori Martin & Marsh (2003). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi self-regulated learning (SLR) dan resiliensi akademik mahasiswa pascasarjana multidisiplin, dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai R sebesar 0,409. Ini berarti bahwa strategi self-regulated learning memiliki kontribusi sebesar 16,7% terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Implikasi penelitian ini bahwa pentingnya peningkatan strategi self-regulated learning demi meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa pascasarjana
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuty, E. (2006). Gambaran Resiliensi Pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Perguruan Tinggi di Asrama Universitas Indonesia. Universitas Indonesia. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Benard, B. (1991). Resiliency: What We Have Learned. San Fransisco: WesEd.
Brown, R. G., & Bums, T. (2005). Lecture Notes Dermatologi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Chemers, M. H., Li-tze, & Garcia, B. F. (2001). Academic Self-Efficasy and firts-Year College Student Performance and Adjustment. Journal of educational psychology, Vol 93, 55-64.
Corsini, R. (2002). The Dictionary of Psychology. New York : Brunner Roudledge.
Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Henderson, N., & Mike, M. M. (2003). Resiliency in schools: Making it Happens for Students and Educators. USA: Corwin Press, Inc.
Karimi, M., Abedi, A., & Farahbakhsh, k. (2014). The Effect of Self Regulatory Learning Strategies for the Academic Resiliency of Female Hight School Shahed Students in the City of Eshafan (2013-2014). International Journal of Basic Sciences & Applied Research, Vol 3 (SP), 83-89.
Mayangsari, M. D. (2010). Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pengajaran Dosen Dengan Kecenderungan Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan, 12, 03-12.
Pardjono, Muhyadi, Nuchron, & Widarto. (2013). Analisis Faktor Penghambat Studi Mahasiswa Pascasarjana UNY. PPs UNY, 1-26.
Rojas, L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Student: A Case Study. Gist Education And Learning Research Journal, 63-78.
Santrock, J. W. (2014). Adolescence (15th Ed). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Triatmi, T. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Remaja di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wilks. (2008). Resilience Amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support Among Social Student. Journal of Advances in Social Work, Vol 1, 106-125.
Zainuddin, M. (2014). Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, Vol 81, 329-339.
Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Construct validation of a strategy of Strategy Model of Student Self Regulated Learning. Journal of Educational Psychology, Vol. 80, 284-290.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.8233
Article Metrics
Abstract Views : 534 timesPDF Downloaded : 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.