Resiliensi Akademik dan Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadits pada Siswa yang Belajar Jarak Jauh
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara resiliensi akademik atau ketahanan akademik dengan prestasi siswa dalam belajar Al-Qur'an Hadits di MTSN 4 Blitar dimasa pandemi Covid-19 yang menggunakan metode pembelajaran jarak jauh secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Peserta penelitian ini terdiri dari 75 siswa yang diambil dari kelas 8 MTsN 4 Blitar. Peserta dievaluasi menggunakan instrumen tes akademik dan kuesioner ketahanan. Analisis Momen Produk Pearson digunakan untuk menilai hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara ketahanan akademik siswa dengan prestasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTSN 4 Blitar dengan angka korelasi r = 0,738, n = 75, p < 0,05. Berdasarkan nilai R (0, 738), korelasi dikategorikan sebagai korelasi tinggi. Implikasi penelitian dimana guru perlu melatih dan menumbuhkan resiliensi akademik siswa melalui latihan-latihan dan ragam intervensi, dengan demikian prestasi akademik siswa ikut meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adirestuty, F. (2019). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4(1), 54-67.
Ali, S. N. (2018). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N) 1 Kolaka. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4, 127-144.
Amalia, R. & Hendriani, W. (2017). Pengaruh Resiliensi Akademik dan Motivasi Belajar terhadap Student Engagement pada Santri Mukim Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 6. 1-13.
Cohen, J. W. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd edn).
Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Hakim, Z. A., Eva, N., Farida, I. A., & Hamidah, D. (2021, June). Preferensi Media Kuliah Daring Ditinjau dari Gaya Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 109-116).
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353-368.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.
Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 12(1), 56-64.
Poerwanto, A., & Prihastiwi, W. J. (2017). Analisis prediktor resiliensi akademik siswa sekolah menengah pertama di Kota Surabaya. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 12(1), 45-56.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Purwanti, D. A. (2019). Pengaruh Resiliensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi: Survei Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kabupaten Subang (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).
Revich, K & Chatte, A. (2002). The resilience factor : 7 essential skill for overcoming life’s inevitable abstacle. New York: Random House inc.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2016/2017 (Skripsi, Pendidikan Matematika-FKIP).
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.8068
Article Metrics
Abstract Views : 267 timesPDF Downloaded : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hirzan Alfaizin, Zun Azizul Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.