PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 2 BIREUEN

Khairuni Hayati, Iryana Muhammad, Erna Isfayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa post-test. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan menyelesaikan soal pemahaman konsep menggunakan uji-t karena data berdistribusi normal dan homogen, data diolah menggunakan software SPSS 18. Uji normalitas menggunakan teknik Shapiro wilk, uji homogenitas menggunakan uji levene, dan uji hipotesis sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai signifikan < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan jika nilai signifikan ≥ 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dari hasil signifikan statistic Equal Variances assumed adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen.

 


Keywords


Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Kementrian Pendidikan Dn Kebudayaan., (2014). Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Nurlaela,L.dan Ismayati,E., (2015). Strategi Belajar Berfikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Permendikbud, (2014). 58 Indikator Pemahaman Konsep, Jakarta : Bulan Bintang.

Sudjana, N., & Ibrahim., (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7461

Article Metrics

 Abstract Views : 468 times
 PDF Downloaded : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khairuni Hayati, Iryana Muhammad, Erna Isfayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats