Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala

Ria Anzila, Muliana Muliana, Amam Taufiq Hidayat

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang masih berfokus pada guru dan tanpa adanya peran pendukung lainnya yang menumbuhkan semangat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Bersesuaian dengan masalah yang ada, diperlukannya model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment  dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kuala, dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan 4 butir soal berbentuk uraian.  Uji hipotesis pada penelitian ini adalah uji non parametrik, dengan uji Mann Whitney. Berdasarkan uji hipotesis hasil posttest yang dilakukan, didapat Asymp.sig 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Defitriani, Waruwu. rama eli, lase. Y. Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2159

Hidayat, A. T. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang. 5(2), 819–826.

Lilia, G., Hanifah, Sumardi, H., & Haji, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm.

Muliana, & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.

Munawarah, S. (2019). Pengaruh pendekatan kontekstual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1).

Nabila, I. S., & Azizah, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Universitas Mulawarman, 3, 115–119. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm.

PISA. (2023). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and Interpretations. Oecd 2023, 1–72.

Rahyuni, Muliana, & Hidayat, A. T. (2024). Model Project Based Learning Terhadap Kemandirian Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang. 4, 1–8.

Sutama, S., Sofia, S., & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa Smp. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10216

Tansil, L. H., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. 463–474.

Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228

Waruwu, D., Lase, R., Zega, Y., Mendrofa, R. N., S., Ulu, O., Gunungsitoli, K., Gunungsitoli, K., & Utara, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL ( Project Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 08,117–128.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.19628

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ria Anzila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats