EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis melalui model PBM ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain kelompok pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah MTs N 2 Padang Bolak dan dua kelas menjadi sampel, yaitu kelas VII-2 dan kelas VII-3. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk mengambil sampel. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengujian normalitas, pengujian homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dimana N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen melalui PBM sebesar 0.45 dan pada siswa di kelas kontrol sebesar 0.29, dan (2) keefktifan model PBM dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis berada pada kategori sedang. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 86.35 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80.15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBM secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi persamaan linier satu variabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Amelia, I., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1720–1730. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1410
Arifin, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematika Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1015
Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.21580/JIEED.V1I1.7224
Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. https://doi.org/10.30935/scimath/9551
Fattayati, F., Masrukan, M., Dwijanto, D., Negeri, S., RSuprapto No, J., Timur, J., & Purwodadi, K. (2021). Unnes Journal of Mathematics Education Research Mathematical Creative Thinking Ability and Self-Regulation Character of Class X Students in Problem Based Learning assisted by Google Classroom in terms of Goal Orientation. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 144–150. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Friska, D. F., Sukestiyarno, & Kartono. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis E- Modul. Euclid, 11(1), 33–54. https://doi.org/10.33603/cpt2nq30
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.
Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528
Ismi, H., Witono, H., & Nurmawanti, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sd Kelas V Sdn 2 Terong Tawah the Effectiveness of the Problem Based Learning Learning Model on the Ability To Solve Mathematical Problems of Grade. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 201–208.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 20. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis : Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung , Indonesia Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng , Indonesia Universitas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864.
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.
Priscilia, M., & Amidi, P. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 119–128. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Tamur, M., Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The effectiveness of the application of mathematical software in indonesia; a meta-analysis study. International Journal of Instruction, 13(4), 867–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13453a
Widyaningrum, R., & Setyowati, D. P. (2023). Analysis of Mathematical Problem-Solving Ability on Area and Circumference Materials in View of Self-Regulated Learning. … Islamic Education …, 1(December), 72–88. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/aicied/article/view/1195%0Ahttps://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/aicied/article/download/1195/665
Wijayanto, Z., Wardono, Sukestiyarno, Y., & Yani, E. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Self Regulated Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 663–669. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3016
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.19603
Article Metrics
Abstract Views : 0 timesPDF Downloaded : 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Isra Suna Hasibuan, Yunita Dalimunthe, Syarif Hidayat Matondang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats