EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

Isra Suna Hasibuan, Yunita Dalimunthe, Syarif Hidayat Matondang

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis melalui model PBM ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain kelompok pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah MTs N 2 Padang Bolak dan dua kelas menjadi sampel, yaitu kelas VII-2 dan kelas VII-3. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk mengambil sampel. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengujian normalitas, pengujian homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dimana N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen melalui PBM sebesar  0.45  dan pada siswa di kelas kontrol sebesar 0.29, dan (2) keefktifan model PBM dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis berada pada kategori sedang.  Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah  86.35 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80.15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBM secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi persamaan linier satu variabel.


Keywords


Kemampuan Literasi Matematis, Self Regulated Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Amelia, I., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1720–1730. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1410

Arifin, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematika Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1015

Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.21580/JIEED.V1I1.7224

Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. https://doi.org/10.30935/scimath/9551

Fattayati, F., Masrukan, M., Dwijanto, D., Negeri, S., RSuprapto No, J., Timur, J., & Purwodadi, K. (2021). Unnes Journal of Mathematics Education Research Mathematical Creative Thinking Ability and Self-Regulation Character of Class X Students in Problem Based Learning assisted by Google Classroom in terms of Goal Orientation. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 144–150. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Friska, D. F., Sukestiyarno, & Kartono. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis E- Modul. Euclid, 11(1), 33–54. https://doi.org/10.33603/cpt2nq30

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.

Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528

Ismi, H., Witono, H., & Nurmawanti, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sd Kelas V Sdn 2 Terong Tawah the Effectiveness of the Problem Based Learning Learning Model on the Ability To Solve Mathematical Problems of Grade. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 201–208.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 20. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis : Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung , Indonesia Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng , Indonesia Universitas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864.

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

Priscilia, M., & Amidi, P. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 119–128. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796

Tamur, M., Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The effectiveness of the application of mathematical software in indonesia; a meta-analysis study. International Journal of Instruction, 13(4), 867–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13453a

Widyaningrum, R., & Setyowati, D. P. (2023). Analysis of Mathematical Problem-Solving Ability on Area and Circumference Materials in View of Self-Regulated Learning. … Islamic Education …, 1(December), 72–88. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/aicied/article/view/1195%0Ahttps://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/aicied/article/download/1195/665

Wijayanto, Z., Wardono, Sukestiyarno, Y., & Yani, E. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Self Regulated Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 663–669. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3016




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.19603

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isra Suna Hasibuan, Yunita Dalimunthe, Syarif Hidayat Matondang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats