PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa melalui model pembelajaran Group to Group Exchange. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta Makmur. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Terpilih siswa kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis pengolahan dengan nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,034 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Selanjutnya analisis angket self efficacy siswa diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa menggunakan model pembelajaran Group To Group Exchange.
Full Text:
PDFReferences
Fadlina, Artika, W., Khairil, & Nurmaliah, C. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591.
Havill, J. (2020). Discovering Computer Science. https://doi.org/10.1201/9781003037149-1.2020.
Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis yang Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Daring. 9(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224.
Hondro, A., Saputra, A., Sarumaha, M., Padang, U. N., Raya, U. N., Belajar, H., & Pendahuluan, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group To Group Exchange Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Swasta Imanuel Teluk Dalam. 4(2), 60–72. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/tunas.v4i2.1174.
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, M. T. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 4(4), 843–856. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856.
Jannah, R., Fajriana, Mursalin, & Ningtiyas, F. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Matematis Siswa. 4, 95–109. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.15646.
Jemin, S., Machmud, T., & Yahya, L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Accelerated Learning Berbantuan Media Interaktif. 5(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.446.
Mulyadi, R., Herizal, & Fonna, M. (2023). Analisis Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-18. 4(2), 314–321. https://doi.org/10.61291/.jpi.v4i2.47.
Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self - Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. 100–108. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.5453.
Nurfaizah, I., Sunismi, & Faradiba, S. S. (2019). Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi GGE (Group To Group Exchange) Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Kelas Vii Smp Ma’arif Batu. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0154698.
Puspaningtyas, D. N., Dewi, S. P., & Maskar, S. (2021). Penerapan Metode Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika. 10(4), 2330–2341. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4144.
Putra, B. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 40–47. https://doi.org/10.33627/sm.v5i1.602.
Sari, A. A., Simamora, L., & Ningsih, R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 1(2), 190–194. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i2.30.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Timbuleng, A., Kumesan, S. L., & Kaunang, D. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange Pada Pokok Pembahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 6 Kotamobagu. 08, 998–1006. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2924.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.19399
Article Metrics
Abstract Views : 4 timesPDF Downloaded : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cut Reva Nazira, Mutia Fonna Mutia Fonna, Fitri Ayu Ningtiyas, Muliana Muliana Muliana, Nurul Afni Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats