Pengaruh ModelPembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa di MAS Ulumuddin

Raisah Raisah, Aklimawati Aklimawati, Haves Qausar, Mutia Fonna, Erna Isfayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa X MAS Ulumuddin, dan 2) apakah ada pengaruh self-efficacy siswa setelah mengikuti pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi exsperiment design dengan menggunakan posttest-only design with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAS Ulumuddin dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.C sebanyak 22 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X.E sebanyak 23 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non-tes, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik indenpendent sampel t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikan α = 0.05, dengan nilai sig 0.000 0.05 , maka ditolak diterima berarti ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hipotesis kedua menggunakan uji non-parametrik dengan teknik mann-whitney ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan α = 0.05 dengan nilai sig 0.000 0.05 maka ditolak  diterima berarti ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan self-efficacy siswa.


Keywords


Problem Based Learning;Kemampuan Komunikasi Matematis; self-efficacy

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469–480. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1459

Arikunto, P. D. S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3 ed.). Bumi Aksara.

Badriyah, L., Zulkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kearifan. 3(November), 33–43.

Ernawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Self-efficacy Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(2), 62–71. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1851

Firmansyah, E., Mubarika, M. P., & Maulidia, K. D. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(Vol 10 No. 2), 51–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2784

Ginting, M. S., Lastriani, U., Mahmuzah, R., Kurnia, H., & Aklimawati, A. (2021). The Analysis of Learning Outcomes through Problem-Based Learning Model Approach On Circle Materials. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 110–125. https://doi.org/10.32672/si.v22i1.2747

Hajj, I. I. A., Lestari, K. E., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTS Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Maju, 8(1), 474–479.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, P. D. U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa.

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569

Moreira, J. da S. D. M. B. dos S. (2020). Programa de Pós-Graduação em Educação Universidade do Estado do Pará Belém-Pará- Brasil Revista Cocar . V . 14 N . 30 Set ./ Dez ./ 2020 p . 1-16 ISSN : 2237-0315. 1–16.

Nufus, H., Isfayani, E., Fajriana, & Aklimawati. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Indeks Card Match Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Papan Statistika Di Kelas VIII MTsN 1 Bireuen. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 133–144. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3354

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Analisis Hubungan Self-efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/ar-riyadhiyyat/article/view/879

Simamora, D. C., Nst, H. M. S., Luthfiah, D. A., & Nst, M. B. (2023). Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1474

Sodikin, S. (2022). The Effect of Savi and Expository Learning Model and Student’s Motivation on Mathematics Communication Ability. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.18099

Article Metrics

 Abstract Views : 3 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rai - sah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats