PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUPANG
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 3 Kupang masih sangat rendah terutama pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kupang dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemis & McTaggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); 4) Refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII D SMP Negeri 3 Kupang yang berjumlah 30 orang siswa dan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan tes dengan instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes kemampuan literasi matematika, sedangkan analisis datanya berupa analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa secara klasikal pada siklus I adalah 56,67% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Keterlaksanaan data hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 96,55% dan mengalami peningkatan mencapai 100% pada siklus II dan berada pada kategori sangat baik. Di samping itu, keterlaksanaan data hasil observasi aktivitas siswa juga turut meningkat dari siklus I yakni 85,71% dan meningkat mencapai 100% pada siklus II dan berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminy, M., Herizal, H., & Wulandari, W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1), 45. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4390
Dinarti, S., Qomariyah, U. N., & Agustina. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Fointuna, D. W., Kaluge, A. H., & Fernandez, A. J. (2019). Kategorisasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kota Kupang Berbantuan Fuzzy Inference System Metode Mamdani. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.92
Jebatu, M. O. E., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5641
Kemdikbud. (2020). Bimtek Guru BK. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning
Lello, M. L. A., Nubatonis, O. E., & Nenohai, J. M. H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Noelbaki Pada Materi Relasi dan Fungsi. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.35508/fractal.v4i2.12266
Listiana, Y., Wulandari, W., Aklimawati, A., & Isfayani, E. (2021). Pengembangan Modul Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 40. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.204
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran problem based learning dengan tinjauan gaya belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213
Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602
Munawarah, M., Fajriana, F., Listiana, Y., Maryana, M., & Aklimawati, A. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 37. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11105
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Rosfarianti, R., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 ACEH UTARA. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2), 75. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6492
Safira, D. V. T., Marliani, D. S., Nasihah, D. D., Nurmaulidiyah, N., Mubarok, J. F., & Ratnaningsih, N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Ispring dan Website 2 APK Builder pada Materi Aritmatika Sosial. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 15–28. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5817
Samo, D. D., Dominikus, W. S., & Kerans, D. S. (2020). Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah di Kabupaten Kupang. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2973
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Tambunan, T. D. A., & Mukhtar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan. Journal of Student Research (JSR), 1(3), 75–98.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17942
Article Metrics
Abstract Views : 4 timesPDF Downloaded : 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 diron tele liunesi, diron tele liunesi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats