Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMA

Tasya Nabila, Yeni Listiana, Fitri Ayu Ningtiyas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental dan menggunakan  desain penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Pemelihan sampel menggunakan teknik teknik purposive sampling. Terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan nilai asymp sig (2-tailed) pada instrumen tes  sebesar 0,035, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model  pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Keywords


Team Assisted Individualization, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2021). Model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Journal of Didactic Mathematics, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2865

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik (14th ed.).

Asmah, R., & Suprihatiningsih, S. (2023). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Gamping. Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1555

Heris, H., Rohaeti, euis eti, & Sumarmo, U. (2018). hard skills dan soft skills ( atif falah Nurul (ed.); kedua).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); ketiga).

Mustofa, M. H. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) Dalam. 524–531.

PISA. (2023). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and Interpretations. Oecd 2023, 1–72.

Rahmatillah, & Al, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Limit Program Studi pendidikan Matematika , Universitas Malikussaleh , Aceh Utara E-mail : rahmatillah.180710052@mhs.unimal.ac.id Abstrak ISSN 2798. 3, 48–58.

Rahmawati, I. A., & Wijayanti, P. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. 12(3), 720–733. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p720-733

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif KualitatiF dan R&D (Sutopo (ed.); kedua).

Susilowati, & Sumaji. (2020). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume V Nomor 01, Juni 2020 50 Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. 5(2), 62–71.

Syamsuddin. (2021). MATEMATIKA SMK 3 Kelompok Bisnis dan Manajemen untuk kelas 3.

Wardana, A., Sukestiyarno, Y., Wardono, W., & Suyitno, A. (2022). Keterkaitan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemandirian Belajar Pada Sekolah Menengah. Prosiding Seminar …, 45–50. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1427

Wendra, B., Nurhayati, N., & Hilali, H. El. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMA. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 33. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5454

Yuliana, Malik, ari yopi ispa, astuti prihatiningsih. (2023). STATISTIK (A. E. Agustanty (ed.); pertama).




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17717

Article Metrics

 Abstract Views : 5 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tasya Nabila, Yeni Listiana, Fitri Ayu Ningtiyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats