PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ima Juli Yanti, Hayatun Nufus, Haves Qausar, Hidayatsyah Hidayatsyah

Abstract


Fakta di lapangan mengungkapkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih relatif rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAS Syamsuddhuha yang terdiri dari 7 rombongan belajar, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan cara pertimbangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah melalui tes yang mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Hasil penelitian uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikan sebesar 0,017 ditolak dan  diterima dikarenakan nilai signifikannya kurang 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.      

Keywords


Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Komik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. F., & Naskah, H. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika Melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Aplikasi Tracker. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Andriana, R., Muliana, & Listiana, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 2 Dewantara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1).

Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi.

Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Bara. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).

Maryam, S., Fonna, M., Marhami, Nuraina, & Aklimawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1).

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ningsih, L. A., Zahra, A. S., Saputra, M. A., Wahyuningsih, S., Aisyah, S. N., & Marini, A. (2023). Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Minat Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Bajang Journal, 3(1).

Nufus, H., Herizal, & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 7(1).

Permendikbud No. 19. (2016). Program Indonesia Pintar (PIP) Pasal 2.

Permendiknas No. 22. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putri, A. R., Fakhruddin, M., & Yanuardi, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. 5(2).

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuafian, R. (2020). Meningkatkakan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17435

Article Metrics

 Abstract Views : 2 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haves Qausar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats