PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Khusnul Khotimah, Aklimawati Aklimawati, Nur Elisyah

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe disebabkan oleh kurangnya minat belajar terhadap pelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Top of FormBottom of FormPenelitian ini menggunakan jenis quasi experimental, dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design yang menguji pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling, dipilih peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan software SPSS 26. Berdasarkan  analisis data diperoleh  sig  hasil  pengujian  data  kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., Zainuddin, Z., & Aulia, R. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Geometri. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 51–63. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665

Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171–1183. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.364

Chairunisa, N., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 298–308.

Elisyah, N., Zahra, A., & Astuti, W. (2023). Pembelajaran Segitiga dan Segiempat Berbasis Pendidikan Matematika Ralistik Indonesia (PMRI) dengan Konteks Kertas Origami. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1039–1049. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2247

Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679

Jehadus, E., Sugiarti, L., & Jelimun, Y. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi. Jurnal Pendidikan, 13(1), 1457–1468. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.1955

Munawarah, S. (2019). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. UIN-Ar Raniry.

Napitupulu, O. T., Simamora, R., & Sinaga, C. V. R. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5927–5940.

Nilawati, Nursupiamin, & Badjeber, R. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 4(2), 66–72.

Nurlaili, N., Fitri, D. Y., & Yusri, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Inspiramatika, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v9i1.4253

Rukiah, R., Syamsuddin, A., & Sulfasyah, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 207–213. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.2018

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Wulandari, & Listiana, Y. (2021). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik pada Pembelajaran Berbasis Masalah. J. Math Education Nusantara, 4(1), 38–51.

Yudiani, L. (2022). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika siswa SD Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2018. Indonesian Journal of Educational Development, 3(November), 341–351. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365464

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. REFIKA ADITAMA.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17423

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khusnul Khotimah, Aklimawati Aklimawati, Nur Elisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats