PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan aplikasi quizizz. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Pintu Rime Gayo, Sampel penelitian yaitu kelas XI-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas XI-B sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket motivasi belajar siswa. Data diolah menggunakan software SPPS versi 18. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji parametrik (Shapiro Wilk). Nilai asymp sig, (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0ditolak dan Haditerima. Kemudian untuk analisis angket motivasi siswa menggunakan uji normalitas, homogenitas. Uji hipotesis dengan nilai signifikan ˂ 0.05 yaitu 0,000, maka H0ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan aplikasi quizizz di SMAN 2 Pintu Rime Gayo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement. Indonesian Journal Of Informatics Education, 2(2).
Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1).
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research Of Mathematica), 1(2).
Aryani, N. M. R. (2021). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus VI Kecamatan Abang Tahun 2019/2020. Universitas Pendidikan Ganesha.
Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematiksiswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2).
Creswell, J. W. (2016). Resich Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2).
Kadarisma, G. (2016). Improving Students Logical Thinking Mathematical Skills Through Learning Cycle 5E and Discovery Learning. In Proceding Of 3rd International Conference on Search Implementation Education Of Mathematics and Science. UNY.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika.
Prabawati, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Rajagukguk, M. J. T., & Naibaho, D. (2023). Mampu Memilih Soal Berdasarkan Tingkat Kesukaran. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4).
Sapriani. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis,Kemampuan Representasi Matematis, dan Self-Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran Model Elpsa. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia:Teori, Kuisioner, Alat Statistik, dan Contoh Riset.
Takiya, Q. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self Confidence pada Materi Bentuk Aljabar. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17395
Article Metrics
Abstract Views : 9 timesPDF Downloaded : 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Shabrina Shabrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats