PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Asyifa Annisa, Muliana Muliana, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) selama penerapan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design dengan menggunakan Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Takengon yang terdiri dari 13 rombongan belajar, sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas X-DPB 1 (Desain dan Produksi Busana) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-TKKR 1 (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan cara pertimbangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,032 atau 0,032 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik selama penerapan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Takengon.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Kurikulum Merdeka; Pendekatan STEM.

Full Text:

PDF

References


Carnavale, A.P, Smith, N dan Melton, M. .(2011). STEM. Georgetown University Center On Education and Workforce, (online), (www.georgetown. Edu/grad/gp pi/hpi/cew/pdfs /STEM-complete.pdfs) diakses 5 April 2019.

Hadiansyah Deni. (2022). Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. Jakarta: Yrama Widya, ISBN.

Hendriana H, dan Sumarno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ida Juwariyah. (2019). Implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Skripsi, tidak dipublikasikan. IAIN Tulung Agung.

Khairiyah, Nida’ul. (2022). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Jakarta: Guepedia

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Betanggung Jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Machfoedz I. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Fitramaya.

Manik, H, Sihite, A.C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutahuruk, A.J.B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332

Naufal, H. (2021). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Universitas Pekalongan tanggal 01 oktober 2021. Pekalongan.

Rahmatya Nurfarida. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM Berbantuan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTS N 1 Bandar Lampung. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Rustaman, N.Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM. Makalah kunci dalam Seminar Nasional Biologi yang diselenggarakan STIKIP PGRI Sumatera Barat tanggal 30 April 2016. Padang.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatakan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yolanda, Dilla Desvi. (2022). Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Discovery Learning. Sumatera Barat: Guepedia.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13492

Article Metrics

 Abstract Views : 44 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 asyifa lia ferolia nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats