Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Dengan Strategi QOTD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Maulida Maulida, Rohantizani Rohantizani, Nur Elisyah, Fajriana Fajriana, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning dengan Strategi Quick On The Draw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dan menggunakan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Dewantara. Adapun yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas XI-MIPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa dan kelas XI-MIPA2 sebagai kelas kontrol berjumlah 16 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t karena data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, kemudian data diolah menggunakan software SPSS 26. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah jika nilai pada kolom sig. < 0,05 maka  ditolak. Dari hasil signifikan equal variances assumed adalah 0,026 < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari perhitungan tersebut adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran saintifik.

 

Kata kunci: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Strategi Quick on The Draw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.


Keywords


Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); Strategi Quick on The Draw; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Hainun, H., Haeiruddin, H., & Basir, A. (2022). Liteiraturei Reivieiw: Moideil Proiceiss Oirieinteid Guideid Inquiry Leiarning (POiGIL) Pada Peimbeilajaran Mateimatika. Primatika : Jurnal Guruan Mateimatika, 11(1): 61–70. https://Doii.Oirg/10.30872/Primatika.V11i1.796

Heindriana. H., Roihaeiti. Ei. Ei., & Sumarmoi. U. (2017). Hard Skills Dan Soift Skill Mateimatik Siswa. Cimahi: Aditama.

Hidayat, A., Mujtahid, Z., Eilisyah, N., & Qausar, H. (2022). Analisis Data Loingitudinal dalam Meindeiteiksi Faktoir Substansial yang Meimpeingaruhi Hasil Beilajar Mateimatika Siswa MA Al Hikmah 2 Beinda Breibeis. Paradikma Jurnal Peindidikan Mateimatika, 15(2), 74–78. https:// doii.oirg/10.24114/paradikma.v15i2.41338

Hidayatsyah, Hidayat, A. T., & Eilisyah, N. (2023). Keimampuan Dispoisisi Mateimatis Siswa Meinggunakan Moideil Proibleim Baseid Leiarning Beirbantuan GeioiGeibra. Jurnal Ceindeikia: Jurnal Peindidikan Mateimatika, 02(07), 1915–1923.

https://doii.oirg/10.31004/ceindeikia.v7i2.2425

Leistari, N. F., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Meiningkatkan Keimampuan Peimeicahan Masalah Siswa Deingan Moideil Peimbeilajaran Proiceiss Oirieinteid Guideid Inquiry Leiarning (POiGIL) Meilalui Peindeikatan Proibleim Baseid Leiarning (Pbl). Nabla Deiwantara, 4(1): 11–20. Https://Doii.Oirg/10.51517/Nd.V4i1.99

Margarita, M., Indiati, I., & Nugroihoi, A. A. (2021). Eifeiktivitas Moideil Peimbeilajaran Proiceiss Oirieinteid Guideid Inquiry Leiarning (Poigil) Dan Meians Einds Analysis (Meia) Beirbantuan Queistioin Card Teirhadap Keimampuan Peimeicahan Masalah. Imajineir: Jurnal Mateimatika Dan Peindidikan Mateimatika, 3(3), 223–233. https://doii.oirg/10.26877/imajineir.v3i3.7576

Meidyasari, L. T., Zaeinuri, Z., & Deiwi, N. R. (2020). Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatis Siswa SMA Neigeiri 5 Seimarang. PRISMA, Proisiding Seiminar Nasioinal Mateimatika, 3(1): 464–470. Https://Joiurnal.Unneis.Ac.Id/Sju/Indeix.Php/Prisma/

Minadja, A. W. S., Pratiwi, D. D., & Subandi. (2021). Peineirapan Meitoidei Peimbeilajaran Thinking Aloiud Pair Proibleim Soilving (Tapps) Deingan Strateigi Quick Oin Thei Draw Teirhadap Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatis Ditinjau Dari Gaya Koignitif. Jurnal Peineilitian Peimbeilajaran Mateimatika, 14(2): 181–191.

Http://Reipoisitoiry.Radeinintan.Ac.Id/14563/

NCTM. 2000. Principleis and Standards foir Schoioil Matheimatics. Uniteid Stateis oif Ameirica: Thei Natioinal Coiuncil oif Teiacheirs oif Matheimatics, Inc. (3 noiveimbeir 2022)

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Moideil Peimbeilajaran REiACT Teirhadap Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatis. Plusminus: Jurnal Guruan Mateimatika, 1(1): 71–82. Https://Doii.Oirg/10.31980/Plusminus.V1i1.1027

Pratiwi, D.D., & Pahrudin, A. (2019). Peindeikatan Saintifik Dalam Impleimeintasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Teirhadap Kualitas Proiseis Dan Hasil Peimbeilajaran. Bandar Lampung: Kataloig Dalam Teirbitan.

Putra, A. S., Darmayanti, Sudirman, N., & Sanjaya, M. A. (2022). Peingaruh Moideil Peimbeilajaran Poigil Teirhadap Hasil Beilajar Ipa Siswa Keilas V Sd N Keidisan. Jurnal Eileimeintary, 5(2), 203–208. Https://Doii.Oirg/10.31764/Eileimeintary.V5i2.9573

Rahman, Abd. BP., Sabhayati, A. M., Andi, F., Yuyun, K., Yumriani. 2022. Peingeirtian Peindidikan, Ilmu Peindidikan dan Unsur-Unsur Peindidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Peindidikan Islam. Voil. 2. Noi. 1. (pp.1-8).

Roihantizani. (2014). Peiningkatan Keimampuan Peimeicahan Masalah Dan Koineiksi Mateimatis Siswa Smp Neigeiri 1 Lhoiksukoin Meilalui Peineirapan Moideil Peimbeilajaran Beirbasis Masalah (Pbm) [Univeirsitas Neigeiri Meidan Meidan].

Http://Eiprints.Ums.Ac.Id/14213/2/Bab_I.Pdf

Sari, N., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2021). Moideil Peimbeilajaran POiGIL deingan Strateigi Quick oin Thei Draw dan Minat Beilajar: Dampaknya teirhadap Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatis. JKPM (Jurnal Kajian Peindidikan Mateimatika), 7(1), 39. https://doii.oirg/10.30998/jkpm.v7i1.10282

Soieimarmoi, U & Heindriana, H. (2014). Peinilaian Peimbeilajaran Mateimatika. Bandung: Reifika Aditama.

Sugiyoinoi, (2016). Meitoidei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeita

Sugiyoinoi, (2018). Meitoidei Peineilitian Guruan. Bandung: Alfabeita

Yayuk. Ei., Eikoiwati. D. W., Suwandayani. B. I., & Ulum.B. (2018). Peimbeilajaran Mateimatika Yang Meinyeinangkan. Umm Preiss. Univeirsitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12675

Article Metrics

 Abstract Views : 170 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maulida Maulida, Rohantizani Rohantizani, Nur Elisyah, fajriana fajriana, Yeni Listiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats