MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

Rahyuni Rahyuni, Muliana Muliana, Amam Taufiq Hidayat

Abstract


Kemandirian belajar matematika siswa tergolong belum maksimal digali oleh siswa dalam pembelajaran dengan fokus utama pada guru. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan posttest only group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nisam. Dengan teknik purposive sampling diperoleh siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian angket kemandirian belajar matematika. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil angket kemandirian belajar matematika menggunakan uji-t dengan SPSS 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh sig. hasil pengujian data kemandirian belajar adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemandirian belajar matematika siswa pada materi geometri di SMP Negeri 1 Nisam.


Keywords


Kemandirian belajar; Project Based Learning; Bangun ruang

Full Text:

PDF

References


Afriyani, Dian, and Boisandi Boisandi. 2018. “Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Optika Geometri Kelas X SMA Negeri Tayan Hilir.” Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA) 1(1): 27–31.

Anjarsari, Wina, and Dudin Kamaludin. 2021. “Implementasi Pembelajaran Online BerbasisProject Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa.” 10(2): 255–63.

Ekawati, Novianti, Nyoman Dantes, and AAIN Marhaeni. 2019. “Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Terhadap Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.” Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(1): 41–51.

Evitasari, Atika Dwi, and Titi Nurjanah. 2019. “Optimalisasi Hasil Belajar Ipa Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri Petarangan.” Prosiding Seminar Nasional PGSD (April): 59–65. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4677.

Fajriyah, Lailatul, Yoga Nugraha, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis.” Journal On Education 01(02): 288–96.

Hakiki, Sufi Nur, and Rostina Sundayana. 2022. “Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Kubus Dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 101–10.

Krueger, Robert F., and Kristen C. Kling. 2004. “Self-Report.” Encyclopedia of psychology, Vol. 7.: 220–24.

Kurnia Bungsu, Titin, Mulkah Vilardi, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas.” Journal On Education 1(2): 382–89.

Kurnia, Rizcky Dwi Mualana, Irma Mulyani, Euis Eti Rohaeti, and Aflich Yusnita Fitrianna. 2008. “Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan.” Jurnal Imiah Pendidikan Matematika 3(1): 59–64.

Nurhikmayati, Iik, and Aep Sunendar. 2020. “Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1): 1–12.

Rohaeti, Euis Eti (STKIP Siliwangi Bandung), and Malaysia) Pardi, Haji Hasan (IPGK Tun Husen Onn, Batu Pahat. 2016. Prosiding Seminar Pendidikan Nusantara 2016 Prosiding Seminar Pendidikan Nusantara 2016.

Saputro, Okta Aji, and Theresia Sri Rayahub. 2020. “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 185–93. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719.

Taufiq Hidayat, Amam, Zainul Mujtahid, Nur Elisyah, and Haves Qausar. 2022. “Analisis Data Longitudinal Dalam Mendeteksi Faktor Substansial Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al Hikmah 2 Benda Brebes.” Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika 15(2): 74–78.

Wahyudi, Wahyudi. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019.” Journal of Education Action Research 5(1): 57–66.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.12459

Article Metrics

 Abstract Views : 25 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rahyuni rahyuni rahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats