PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 2 BANGKO PUSAKO

Mustafa Mustafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas LKPD berbasis PMR yang dikembangkan; 2) efektivitas LKPD berbasis PMR dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan menggunakan LKPD berbasis PMR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahap: define, design, develop, and disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 dan kelas IX-1 di SMP Negeri 2 Bangko Pusako. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah LKPD SMP Kelas IX beorientasi pembelajaran matematika berbasis PMR yang dikembangkan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk; 2) LKPD memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) waktu pembelajaran; dan d) respon positif siswa; 3) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKPD berbasis PMR.


Keywords


Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik; Pendekatan Matematika Realistik; Berpikir Krtitis.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akker, J, V, D. (1999). Principles and Methods of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan Van Den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aufa, M., dkk. (2016). Development of Learning Devices through Problem Based Learning Model Based on the Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Communication Skills and Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students. Journal Education and Practice. 7(4): 232-248.

Hasratuddin. (2002). Pembelajaran Matematika Unit Geometri Dengan Penekatan Realistik di SLTP 6 Medan. Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publising.

Hassoubah, Z. I. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skills (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Herman. (2012). Pengembangan LKPD Model Pengajaran Langsung Untuk Mengajarkan Materi Keseimbangan Benda Tegar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 8 (1): 1-11

Johnson, E. B. (2011). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Muchayat. (2011). Pengembangan LKPD dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP (Online), 1(2), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/ article/ download/1545/1721, diakses 2 November 2022).

Mustafa, dkk. (2017). Development of Learning Devices Through Problem Based Learning Model to Improve Students Metacognition Skill at SMPN 17 Medan. Journal Education and Practice. 8(24): 34-41.

Nieveen, N. (2007). An Introduction to Education Design Research. China. (Online), (www.slo.nl/organisatie/international/publications, diakses 17 Oktober 2022).

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan LKPD. Jurnal Kreano, 3(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Tirtarahardja, U. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11571

Article Metrics

 Abstract Views : 229 times
 PDF Downloaded : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mustafa Mustafa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats