ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KEPUASAN MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK J&T EXPRESS
Abstract
This study aims to determine the factors that influence J&T Express brand loyalty in Boyolali. The population in this study are users or people who have used J&T Express services and the sample used is 140 respondents. The sampling technique in this study was purposive sampling. This research was conducted in Boyolali, using a questionnaire as data collection which was distributed to 140 respondents. The data analysis method used in this study is multiple linear regression, using of the statistical tool SPSS version 23. The results of the study reveal that brand trust and brand satisfaction have a positive and significant effect on brand loyalty while the brand image variable has a positive but not significant effect on brand loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfia, N., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Lipstik Wardah. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 138–151. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1289
Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Biel, Alexander, L. 1992. How Brand Image Drives Brand Equity. Journal of Advertising Research
Damayanti, A. F., & Indriani, F. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Terhadap Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi pada pengguna layanan pengiriman barang J&T Express). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Ervina, & Kurniawati, M. (2022). Pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek peralatan kebersihan rumah tangga merek X. Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanagara, 703–708.
Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang
Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersey
Jatmiko, D. A. H. P. (2018). Hubungan antara dimensi kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pengguna handphone samsung pada mahasiswa universitas negeri di yogyakarta. Journal of controlled release, 11(2), 430–439.
Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 394–411.
Koesoema, H. (2017). Pengaruh pengalaman merek, kepuasan merek, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek: studi pada pengguna smartphone samsung.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kusuma, A. B. (2022). Pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek, dan kepuasan merek terhadap pembangunan loyalitas merek.
Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi, 40(1), 132–140.
Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.346
Noor, Juliansyah. 2016. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Panjaitan, A. O. Y., Rofiaty, & Sujatmiko. (2016). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 141–161.
Saleh, A. M. (n.d.). Kepuasan Pelanggan. http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/05/psc-kepuasan-pelanggan/
Setyanto, G. T. (2012). Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada konsumen obat batuk komix.
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 32(1), 25–41. http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194
Utami, A. A., & Gunadi, W. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Indihome Fiber Di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.861
Wangdra, Y., & Sumanti, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Di Portal Belanja E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 475–486.
Zebuah, A. J. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61-68
DOI: https://doi.org/10.29103/j-mind.v8i1.10838
Article Metrics
Abstract Views : 501 timesPDF Downloaded : 218 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Krisna Deva Pratama Sudibyo, TRI RATNA PAMIKATSIH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
P-ISSN: 2503-4367
E-ISSN: 2997-3948
Publisher :
Master's Program in Management Science
Faculty of Economics and Business Malikussaleh University
Address:
Tgk. Chik Di Tiro Street No. 26 Lancang Garam,
Lhokseumawe, Aceh, Indonesia
Lhokseumawe Aceh Indonesia