Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Perbedaan Harga Pada Label Rak Barang Degan Nota Pembayaran (Studi Penelitian di Suzuya Lhokseumawe)

Amrisyah Mutoi, Marlia Sastro, Yulia Yulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi dari perlindungan hukum dan pertanggungjawaban yang dilakukan pihak Suzuya Lhokseumawe sebagai pelaku usaha mengenai perbedaan harga pada label rak barang dengan nota pembayaran berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kesalahan pada label rak barang (dispalay) dengan daftar harga yang ada pada mesin di kasir pada saat pembayaran sudah sangat sering terjadi, dimana harga yang tercantum dan saat pembayaran terdapat perbedaan yang disebabkan karena proses administrasi yang kurang teliti. Mengacu pada Pasal 4 huruf (b) UUPK, tentang hak konsumen, bahwa suatu hak konsumen adalah kebebasan dalam mendapat dan memilih produk jasa, tergantung pada nilai tukar, mata uang dan syarat serta jaminan yang berlaku. Kewajiban untuk memberikan informasi yang benar dan jelas mengenai syarat serta jumlah barang atau jasa, dan memberikan pengertian tentang kegunaan, dan pemeliharaannya telah dibuat sangat transparan, jujur mengenai suatu kondisi jaminan barang dan atau jasa sebagaimana dalam ketentuan Pasal 7 UUPK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan kepustakaar dilakukan guna memperoleh data sekunder yang teoritis. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara, Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti adalah suzuya lhokseumawe memberikan perlindungan hukum yang bersifat preventif (pencegahan) sebagaimana kewajiban pelaku usaha dalam pasal 7 UUPK adalah beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya, memberkan informasi yang benar, jelas, jujur mengenai kondisi jaminan barang dan/atau jasa serta memberikan penjelasan penggunanan, pernaikan dan pemeliharaan hal tersebut. Dalam penerapan pertanggungjawabannya pihak suzuya lhokseumawe memberikan ganti rugi baik pengembalian uang sesuai dengan jumlah selisih tersebut maupun tanggung jawab yang lainya di nilai dapat membentu konsumen dalam mendapatkan haknya dan pihak suzuya memberikan hak kepada konsumen untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan apa yang dia lihat di rak barang sebelumnya.

Keywords


Perlindungan Hukum. Perlindungan Konsumen, Pelaku Usaha. Perbedaan Harga Barang. Nota Pembayaran, Pertanggungjawaban.

References


Adiwarman A. Karim, 2001, "Ekonomi Isla Suatu Kajian Kontemporer", Jakarta: Gema Insani. Celina Tri Siwi Kristianti, 2022. "Hukum Perlindungam Konsumen" Jakarta: Sinar Grafika). C.S.T.Kansil 2009, "Pengantar IImy Hulaan dan Tata Hukum Indonesia", Jakarta: Balai Pustaka Dr. Abdul Atsar dan Rani Aprianti, 2019, "Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen".

Yogyakarta. CV. Budi Utama.

Freddy Rangkuti, 2005 "Bussines Plan: Teknik Memuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kosus". Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Muhammad Syahrum 2022. "Pengantar Metodelogi. Penelitian Hukum". (Riau. Dotplus Publisher)

Satjipto Raharjo, 2000 "2011." (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti).

Philips M dan Hadion, 2011. "Pengantar Hukum Administrasi Indonesia". (Yogyakarta: Gajah Mada University Press)

Siahaan. 2005. Hukum Konsumen: Perlindungan Konsumen, dan Tanggung Jawab Produk"(Jakarta: Pantai Rei)

Susanti Adi Nugroho, 2011. "Proses Penyelesaian, Senaketa Konsumen. Ditinjau dari, Hukum Serta Kendala Implementasinya." Jakarta: Kencana)

Kategori Kutipan Artikel Jurnal

Adelia Chairas. 2021. "Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Sebagai Pemberi Layanan Jasa Pembayaran Listrik Kepada Konsumen Pengguna Listrik". Skripsi Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Alimatus Sa'diyah. Ayu Sadewi Rahmawati. Dian Eka Lestari. Diva Satria Putri Dinasti Wibisono. Gita Egis Triyani. Ijazatul Khoiriyah, Medina Aulyan Sahara, Murni Kasiyati, 2023. "Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Ketidaksesuaian Label Harga Perspektif UUPK No.8 Tahun 1999", Jurnal of Multidisciplinary Studies, Vol. 7.

No 1.

Anak Agung Ngurah Bagus Kresna Cahya Putera. I Wayan Parsa. 2020. "Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Perbedaan Harga Barang Pada

Label Dan Harga Kasir", Jurnal Kertha Semaya. Vol. 8 No.2. Cindy Sara Nauolim. Siti Rahmlah Usman. Yossie M.Y. Jacob, 2024. "Tanggung Jawab Pelaku

Usaha terhadap Konsumen yang Mengalami Perbedaan Harga Antara Label Harga dan Harga Kasir di Tinjau dari Undang-Undang Nomor8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Toko Suba Suka, Kota Kupang)", Jurnal Publikasi Ilmu HukumVol. 2. No. 2.

Denico Doly. 2021. "Upaya Penguatan Perlindungan Konsumen di Indonesia Terkait Dengan Klausula Baku", Jurnal Negara Hukum DPR-RI, Vol.3, No1, Juni 2012, hlm 41-42. Hikmawati Sabue, dkk. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen, Atas Perbedaan Harga Display di Kasir Indomaret dan Alfamidi, Jurnal Hukum dan Administrasi Negara. 2023, Vol 1. No 4.

I

Novia Yulianti Azali, 2016. "Perlindungan Konsumen. Terhadap Selisish Harga Pada Label Display Dan Kasir Pembayaran Berdasarkan. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Supermarket Pamella Dua Dan Super Indo Yogyakarta). Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sri Lastri Poernomo, 2023, "Prilaku Curang Karyawan pada Struk Belanja", Al Daulah Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 2023. Vol 12, No 2

Taun Taun dan Balqis Nailil Sa'adah, 2022. Perlindungan Konsumen terkait harga yang berbeda di Rak Barang Dengan Struk di Kasir, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 8. No 24.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v7i2.16899

Article Metrics

 Abstract Views : 14 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amrisyah Mutoi, Marlia Sastro, Yulia Yulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457