PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA TENTANG SERTIFIKASI HALAL PADA PRODUK MAKANAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN)

Raudhatul Jannah, Manfarisyah Manfarisyah, Sofyan Jafar

Abstract


Studi ini bertujuan untuk meneliti perlindungan hukum bagi pelaku usaha tentang sertifikasi halal pada produk makanan usaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu bahwasanya usaha pelaku UMKM yang memasarkan produk tanpa label halal diperbolehkan oleh disperindagkop dan UKM dengan syarat sudah memiliki izin edar dari PIRT. Namun, pada tahun 2024 seluruh produk yang dipasarkan tidak lagi mendapat perlindungan hukum bagi pelaku usaha yang tidak mendaftarkan produknya pada sertifikasi halal. Salah satu faktor penghambat pelaku usaha tidak mencantumkan sertifikasi halal pada produk yang dihasilkan yaitu karena kurangnya pemahaman pelaku usaha terhadap kewajiban atau dasar hukum dari sertifikasi halal tersebut. Sementara itu, upaya disperindagkop dan UKM dalam meningkatkan pemahaman pelaku usaha tentang sertifikasi halal adalah dengan mengadakan sosialisasi pentingnya sertifikasi halal bagi produk UMKM dan sosialisasi Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK).



Keywords


Legal Protection,Business Actors, Halal Certification

References


Amin, Makruf. 2010. Fatwa Produk Halal Melindungi dan Menentramkan. Jakarta: Pustaka Jurnal Halal.

Ali, Zainuddin. 2014. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Bahri, Syamsul. 2012. Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Sebagai Bagian dari Wilayah NKRI. Jurnal Dinamika Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala 12(2).

Fauzy, Akhmad. 2019. Metode Sampling. Banten: Universitas Terbuka.

Hartoko, Alfa. 2010. 40 Tool Dahsyat untuk Mengelola Bisnis UMKM. Jakarta: Gramedia.

Helaluddin dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hosanna, Melissa Aulia dan Susanti Adi Nugroho. 2018. Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Pendaftaran Sertifikasi Halal pada Produk Makanan. Jurnal Hukum Adigama Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara 1(1).

Humaira, Ayu, Yulia dan Fatahillah. 2021. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pengguna Kosmetik yang tidak Terdaftar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) (Studi Penelitian di Kota Idi Kabupaten Aceh Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh IV(2).

Hidayati, Tri dan Erry Fitrya Primadhany. 2021. Perlindungan Hukum Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Melalui Fasilitas Sertifikasi Halal Produk Pangan (Studi Terhadap Praktek di Kalimantan Tengah). Jurnal Hukum Ius Quia Iustum Fakultas Syariah IAIN Palangkaraya Kalimantan Tengah Indonesia 2(28).

Muhamad. 2020. Tantangan dan Peluang Penerapan Kebijakan Mandatory Sertifikasi Halal (Studi Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 dan PP No. 31 Tahun 2019). Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam Yogyakarta 2(1).

Rahardjo, Satjipto. 2000. Ilmu Hukum. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Rizati, Nurul. 2022. Penerapan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang Sistem Jaminan Produk Halal (Studi Kasus pada Home Industry Makanan Khas Aceh di Lampisang Kecamatan Peukan Banda Aceh Besar). Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Siahaan. 2005. Hukum Konsumen: Perlindungan Konsumen dan Tanggungjawab Produk. Jakarta: Pantai Rei.

Sapnah, Manfarisyah dan Fauzah Nur Aksa. 2022. Tanggung Jawab Pelaku Usaha Rumah Makan yang tidak Memiliki Sertifikat Halal di Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh V(2).

Salam, Alva dan Ahmad Makhtum. 2022. Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman UMKM di Kabupaten Sampang. Jurnal Qawwam: The Leader’s Writing Universitas Trunojoyo Madura 3(1).

Sabran, Ahmad. 2021. Sertifikasi Halal pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Non-Muslim di Kota Palangkaraya. Skripsi. Palangkaraya: Institut Agama Islam Negeri.

Urvash, Echa Yuana, Marlia Sastro dan Arif Rahman. 2021. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Air Minum pada Depot Airminum yang tidak Memenuhi Standar Kesehatan (Studi Penelitian di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh IV(3).

Waskito, Danang. 2015. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v7i3.14731

Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raudhatul Jannah, Manfarisyah Manfarisyah, Sofyan Jafar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457