Karakteristik Fenotipik Akar Jagung manis (Zea mays Sacharata sturt. L) Akibat Aplikasi Kalium dan Cendawan Mikoriza Arbuskular

Muhammad Yusuf Nurdin, Usnawiyah Usnawiyah, Aisahniati Aisahniati

Abstract


Dalam mengimbangi perkembangan industri yang memanfaatkan jagung manis sebagai bahan baku, maka meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi mesti menjadi perhatian. Penggunaan kombinasi kalium dan cendawan mikoriza arbuskula dapat menjadi alternatif untuk uapaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenotipik akar jagung manis akibat penggunaan berbagai dosis kalium dan cendawan mikoriza arbuskula, serta untuk mengetahui interaksi antara keduanya. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu aplikasi kalium (K) sebagai faktor pertama yang terdiri dari 4 taraf yaitu K0 (kontrol), K1 (0.50g/polybag), K2 (0.75g/polybag) dan K3 (1.0g/polybag). Faktor kedua yaitu aplikasi cendawan mikoriza arbuskula (M) yang terdiri dari M0 (kontrol), M1 (10g/polybag),M2 (20g/polybag), dan M3 (30g/polybag). Parameter yang diamati meliputi panjang akar, berat basah akar, berat kering akar dan derajat infeksi cendawan mikoriza pada akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kalium dan cendawan mikoriza arbuskula memperlihatkan interaksi nyata terhadap derajat infeksi akar, tetapi pada panjang, berat basah dan berat kering akar tidak menujukkan interaksi antara kedua perlakukan. Pada perlakuan tunggal terlihat bahwa penggunaan kalium berpengaruh nyata pada berat basah akar dan cendawan mikoriza arbuskula berpengaruh nyata terhadap parameter panjang dan berat basah akar.

Keywords


Jagung; Kalium; Mikoriza; Infeksi akar

Full Text:

PDF

References


Ag, R., Syafani, A., Supraja, A., & Ardiyanti, B. (2021). Efek Kombinasi Biochar dan Mikoriza pada Pertumbuhan Tanaman Jagung Pulut Ungu (Zea mays L. var ceratina Kulesh) Tanah Inseptisol Reuleut. Agriprima : Journal of Applied Agricultural Sciences, 5(1), 34–40.

Diyah, S. I., & Suminarti, N. E. (2018). Pengaruh Jumlah dan Frekuensi Pemberian Air Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Edamame (Glycine max L. Merril). Jurnal Produksi Tanaman, 6(8), 1966–1973.

Fitria, F., Syawal Harahap, F., & Walida, H. (2020). Derajat Infeksi Mikoriza Pada Persiapan Lahan dan Pengelolaan Gulma Di Tiga Kabupaten Di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 7(1), 177–180.

Kementan. (2009). Lampiran Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 071/kpts/sr.120/5/2009, tentang Deskripsi Jagung Manis Varietas Bonanza.

Kementan. (2021). Analisis Kinerja Perdagangan Jagung. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, 10 (1).

Mariani, K., Subaedah, St., & Nuhung, E. (2019). Analisis Regresi dan Korelasi Kandungan Gula Jagung Manis Pada Berbagai Varietas dan Waktu Panen. Agrotek: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 3(1), 55–62.

Murtilaksono, A., Nurmala, T., & Suriadikusumah, A. (2014). Pemberian Mikoriza dan Pupuk Kalium Terhadap Peningkatan Produktivitas Akar dan Komponen Hasil. Students e-Jurnals, 3(3), 1–11.

Tarigan, A. D., & Nelvia, N. (2020). Pengaruh Pemberian Biochar Tandan Kosong Kelapa Sawit Dan Mikoriza Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata L) Di Tanah Ultisol. Jurnal Agroekoteknologi, 12(1), 23.

Wahono, E., Izzati, M., & Parman, S. (2018). Interaksi antara Tingkat Ketersediaan Air dan Varietas terhadap Kandungan Prolin serta Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine max L. Merr). Buletin Anatomi dan Fisiologi, 3(1), 11.

Yusdian, Y., Santoso, J., & Rudiana, E. G. (2021). Pengaruh Takaran Pupuk Kndang Ayam dan Pupuk Kalium Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata L) Varietas Talenta. Agro Tatanen. Jurnal Ilmiah Pertanian, 3(2), 13–19.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v2i4.18312

Article Metrics

 Abstract Views : 9 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Yusuf Nurdin, Usnawiyah Usnawiyah, Aisahniati Aisahniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)