PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN LAMPUNG

Thoriq Vico Ardana, Mustatina Dwi lestari, Parhan Aggim, Rahardi Rahardi, Vicky F Sanjaya

Abstract


The problem that will be examined in this study is whether facilities have a positive and significant effect on student satisfaction. This type of research is quantitative research using 70 respondents and using descriptive methods. The processed data is primary data obtained from the results of the distribution of questionnaires with simple random sampling techniques. Data analysis was conducted using PLS (Partial Leas Square). The results showed a positive and significant influence of facilities on student satisfaction.


Keywords


Facilities, Student Satisfaction, Faculty FEBI UIN

Full Text:

PDF

References


Bulkia, S. (2018). KEPUASAN MAHASISWA Sri Bulkia Universitas Islam Kalimantan

Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin PENDAHULUAN Perguruan tinggi

swasta merupakan salah satu alternatif untuk menghadapi fenomena meningkatnya

permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pendidika. Jurnal Ilmiah Manajemen,

(1), 49–58.

Dora, Y. M., & Asmar, N. P. (2023). Pengaruh e-Service Quality dan Fasilitas terhadap

Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan e-Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 6(3), 1854–1861. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1432

Faujan, S., Riyanto, T., & Alamsyah, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus, Kualitas

Pengelolaan Parkir dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Universitas Pamulang. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 160–174.

Frisdiantara, C., & Graha, andi nu. (2013). Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi

Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan : Mewujudkan

Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. 342. Modernisasi, 9(2), 342.

Ginanjar, N. S., Resmanasari, D., Mulyani, R., & Mahasiswa, K. (2020). Kualitas Pelayanan

dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE PGRI Sukabumi. Jurnal

Ekonomak, 6(3), 71–80.

Hanafi, R., MAnsur, M., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dosen Dan

Fasilitas Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Islam Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 2003, 64–73.

Hendriana, A., & Pratama, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap

Kepuasan Mahasiswa Kuliah Di Kampus Bisnis Umar Usman. JAS-PT (Jurnal

Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 135.

https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.739

Isnaini, M., Kusuma, D., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas

Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uns. BISE: JurnalPendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20.

https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17968

Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan terhadap

Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media

Wahana Ekonomika, 13(4), 22–35.

Larasati, D., Pratignyo, L. S., & Sofiyat, A. I. (2022). PENGARUH FASILITAS KAMPUS

DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

DENGAN METODE SEM The Effect of Campus Facilities and Service Quality on

Student Satisfaction with SEM Method. Jurnal Baut Dan Manufaktur, 04(1), 2686–

Warnadi, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Fasilitas Terhadap

Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (Stie-I) Rengat. Jurnal

Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 10–20. https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i1.59




DOI: https://doi.org/10.29103/jaie.v2i2.14566

Article Metrics

 Abstract Views : 356 times
 PDF Downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Thoriq Vico Ardana, Mustatina Dwi lestari, Parhan Aggim, Rahardi Rahardi, Vicky F Sanjaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

STAT COUNTER Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Jurnal Aplikasi Ilmu Ekonomi (JAIE)