HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KELULUSAN COMPUTER BASED TEST UJI KOMPETENSI MAHASIWA PROGRAM PROFESI DOKTER
Abstract
Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan syarat untuk menyelesaikan program profesi dokter dan mendapatkan sertifikat profesi. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) di Indonesia memiliki angka ketidaklulusan yang cukup tinggi. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap kelulusan Computer Based Test UKMPPD mahasiswa Fakultas Kedokteran di provinsi Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Responden adalah 115 mahasiswa dari fakultas kedokteran di Aceh yang mengikuti ujian CBT periode februari 2021. Penilaian motivasi belajar menggunakan MSLQ (Motivated Strategies for Learning Quesstionnaire) dan nilai kelulusan CBT periode februari 2021. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar kategori tinggi sebanyak 55,7% dan kelulusan CBT sebanyak 58,3%. uji Chi Square didapatkan hubungan antara motivasi terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD mahasiwa kedokteran (p value =0,000). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara motivasi terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD mahasiwa kedokteran
Kata kunci : UKMPPD, kelulusan, motivasi belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
KEMENKUMHAM R. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pendidikan Dokter. 2013;(184):1–27.
RISTEKDIKTI. Implementasi Uji Kompetensi Nasional Bidang Kesehatan sebagai Langkah Konkrit Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan [Internet]. Siaran Pers No. 08/SP/HM/BKKP/IV/2016. 2016.
Mulyasa E. Implementasi kurikulum 2004 : panduan pembelajaran KBK. 2006. p. 148.
Kusurkar RA, Ten Cate TJ, Van Asperen M, Croiset G. Motivation as an independent and a dependent variable in medical education: A review of the literature. Vol. 33, Medical Teacher. 2011.
Motivation and academic achievement in medical students Yousefy A, Ghassemi G, Firouznia S - J Edu Health Promot.
Mustofa FL, Oktobiannobel J, Sulesa S. Gambaran Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Osce Ukmppd Pada Mahasiswa First Taker Pendidikan Profesi Dokter Universitas Malahayati Batch November 2019. Vol. 4, Jurnal Medika Malahayati. 2020. p. 137–45.
Dwiyanti C. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan uji kompetensi program profesi dokter (ukmppd) pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas muhammadiyah makassar. Skripsi. 2017.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.2013. Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Fakultas atau Program StudiKedokteran[Internet].2013.
Sardiman AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar - Sardiman - Rajagrafindo Persada [Internet]. 2018.
Fitri AD, Shafira NNA. Pengaruh Pendekatan Belajar Terhadap Kelulusan Osce Ukmppd Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Vol. 8, JAMBI MEDICAL JOURNAL “Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.” 2020. p. 94–101.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2010.
Wouters A, Croiset G, Galindo-Garre F, Kusurkar RA. Motivation of medical students: selection by motivation or motivation by selection. Vol. 16, BMC Medical Education. 2016.
Indriasari E. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs N 02 Semarang. J Educ Soc Stud [Internet]. 2014;3(2):19–22.
DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v8i1.6816
Article Metrics
Abstract Views : 443 timesPDF Downloaded : 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jihan Nabila, Mulyati Sri Rahayu, Zubir Zubir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Print ISSN | : |
2477-5231 |
Online ISSN |
: |
2502-8715 |
Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Jl. Meunasah, Uteunkot Cunda, Lhokseumawe, 24351, Provinsi Aceh, Tel/fax : 081376575984, Email: averrous@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.