GAMBARAN PERFORMA INSTRUKTUR KETERAMPILAN KLINIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
Abstract
Performa seorang instruktur skill lab sangat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran pembelajaran skill lab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran performa instruktur skill lab Program Studi Kedokteran di FK Unimal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-analitik menggunakan rancangan cross sectional. Responden adalah 213 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah “Instrument for Evaluating Clinical Skills lab Teacher’s Didactical Performance”. Hasil penelitian menunjukkan performa keterampilan mengajar, keterampilan interpersonal dan komunikasi dan performa kondisi/strategi pelatihan intruktur keterampila klinik didinilai baik oleh mahasiswa dengan persentase kategori baik sampai sangat baik lebih dari 90 %. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum performa instruktur keterampilan klinik di Program Studi Kedokteran FK Unimal sudah baik berdasarkan persepsi mahasiswa.
Kata kunci : keterampilan klinis, instruktur, perfoma mengajar, instrumen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnesia, F.P., Nyimas, N.A.S., 2016. Gambaran performa instruktur skill lab program studi kedokteran di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas jambi . JMJ, Vol. 4, No 1, pp: 15 – 27
Amin, Z., Khoo, H.E., 2009. Basic in medical education. Edisi ke-2, Singapore : World Scientific Publising.
Harden, R.M., Dent, J.A., 2009. A practical guide for medical teachers. Edisi ke-3,UK: Churcill Livingstone.
Harden, R.M,, Crosby, J., 2000. AMEE education guide no.20: the good teacher is more than a lecturer: the twelve roles of the teacher. (Med Teach) Vol. 22, No.4,pp.334-347.
Hardisman, Yulistini., 2013. Pandangan mahasiswa terhadap hambatan pada pelaksanaan skill lab di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. (Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia) Vol. 2, No.3, pp:187-180
Hutchinson, L., 2003. Education environment. Dalam: Cantillon P, Hutchinson L, Wood D, editor. ABC of learning and teaching in medicine, London: BMJ Publishing Group
KKI. 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia
Mc.Cluskey, Editor: David, R., 2008. Kemampuan praktis esensial dalam OSCE di bidang kedokteran, Jakarta: EGC
Sadiman, A., 2011. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan,P., Danlen J.V., Wittingham, J,. 2013. Instrument for evaluating didactical performance of clinical skill laboratory teachers.( Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia) Vol.2, No.2, pp.95-85
Suryadi, E., 2008. Pendidikan di laboratorium keterampilan klinik, Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.
DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v6i2.2399
Article Metrics
Abstract Views : 1107 timesPDF Downloaded : 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 mulyati sri rahayu, Yuziani Yuziani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Print ISSN | : |
2477-5231 |
Online ISSN |
: |
2502-8715 |
Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Jl. Meunasah, Uteunkot Cunda, Lhokseumawe, 24351, Provinsi Aceh, Tel/fax : 081376575984, Email: averrous@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.