PAUD Sebagai Sarana Akomodasi Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku
Armelia Dafrina
Abstract
Anak adalah potensi utama bagi masa depan suatu bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa tetapi juga sebagai individu yang diharapkan memiliki daya saing yang tinggi. Kepribadian dan kualitas individu pada masa dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh pada masa kanak-kanak. Anggapan bahwa pendidikan baru bisa dimulai setelah usia Sekolah Dasar (SD) yaitu pada saat anak berusia 7 tahun. Menurut Penelitian bahwa pada usia 4 tahun pertama, separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Oleh karena itu Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu wadah untuk mengakomodasi mutu pendidikan bagi anak-anak. Dan juga wadah untuk bermain dan belajar dengan didukung fasilitas penunjang yang dibuat sedemikian rupa untuk menunjang perkembangan pendidikan pada diri anak, di mana anak dibiarkan bebas belajar sambil bermain. Sekolah PAUD sebagai sarana pengembangan pendidikan dan kreativitas anak dengan pendekatan arsitektur perilaku adalah sebuah fasilitas bagi anak-anak usia 0-4 tahun pada khususnya dengan menerapkan konsep bermain sambil belajar (recreation learning) yang bertujuan membantu pengembangan diri anak-anak serta pendekatan arsitektur perilaku digunakan sebagai upaya untuk menghasilkan sebuah bangunan yang sesuai dengan sasaran penggunanya, di mana bangunan dirancang berdasarkan perilaku pengguna. Karakteristik anak-anak yang berbeda-beda pada tiap tahap usia menuntut penyelesaian kebutuhan ruang yang berbeda-beda pula. Selain itu, keaktifan anak dalam bermain membutuhkan perhatian khusus, mempengaruhi pula pada bentuk ruang.