Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat terhadap Mitigasi Bencana Tanah Longsor di Desa Burni Pase Kabupaten Bener Meriah

Shinta Simehate, Wheny Utariningsih, Mardiati Mardiati, Sarah Rahmayani Siregar, Ridhalul Ikhsan

Abstract


Bencana tanah logsor adalah bencana hidrometeorologi yang sering terjadi di Indonesia. Desa Burni Pase Kabupaten Bener meriah adalah salah satu daerah yang sering mengalami bencana tanah longsor. Bencana tanah longsor dapat mengakibatkan dampak yang besar bagi masyarakat, seperti menyebabkan korban meninggal, kehilangan harta benda, gangguan stress pasca trauma dan permasalahan kesehatan masyarakat lainnya. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan mitigasi bencana penting untuk dimiliki setiap elemen masyarakat guna meningkatkan kesiapsiagaan sebelum dan sesudah terjadinya bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mitigasi bencana tanah longsor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 115 responden. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bencana tanah longsor mayoritas dalam kategori kurang yaitu  53,0% dengan 61 responden dan gambaran pengetahuan masyarakat terhadap mitigasi bencana tanah longsor mayoritas dalam kategori baik yaitu 51,3% dengan 59 jumlah responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Burni Pase memiliki gambaran tingkat pengetahuan terhadap bencana tanah longsor kurang dan pengetahuan terhadap mitigasi bencana tanah longsor dalam kategori baik.


Keywords


Tanah longsor, pengetahuan, mitigasi

Full Text:

PDF

References


Sulistyo B. Peranan Sistem Informasi Geografi Dalam Mitigasi Bencana Tanah Longsor. 2016;3.

Barona CS, Haryani. Partisipasi Masyarakat Dalam Mencegah Tanah Longsor Di Desa Cekal Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. 2018;VI(Ii):1.

Erika, Mahendra D, MRL. Batu A. Buku Materi Pembelajaran Manajemen Gawat Darurat Dan Bencana. Jakarta : Universitas Kristen Indonesia; 2019.

BNPB. Kejadian Bencana 2021. Available from: https://gis.bnpb.go.id/

Muhammad Sutama, Ubaidullah. Pelaksanaan Fungsi Pengawasan DPRK Bener Meriah Terhadap Program Penanggulangan Bencana Tahun 2012-2017. 2018;3(3).

Fatria Budi. Longsor, Jalan KKA Bener Meriah-Aceh Utara Putus Total. 2022.

Nastiti Revy Putri.dkk. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur. J Ilmu Kesehatan. 15(1):48-56.

Suwaryo Putra AW. Yuwono Podo. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. J Unimma. 2017:307.

Kurniawati Dwi. Suwito. Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. J Unikama. 2017;2(2):140.

Alwan Fadhil. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Alam Pada Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2015.2019:6.

Eberhardt E. Bonziana L. Loew S. 2007. Long-term Investigation Of A Deep-seated Creeping Landslide In Crystalline Rock Part II Mitigation Measures And Numerical Modelling Of Deep Drainage At Campo Vallemaggia Canadian Geotechnical. https://doi.org/10.1139/T07-044.

Dwijaya AC. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Di Desa Wakoko Kabupaten Buton. 2019:57.

Wahyudi Deni. Derajat Dian. Gambaran Pengetahuan Tentang Kewaspadaan dan Mitigasi Bencana Tanah Longsor Di Kampung Pameungpeuk Desa Karangmukti Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya.2021;5(1):9-15.

Regulasip. Pengaturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2006 Tentang Pedoman Umum Mitigasi Bencana. 2018.

Pahleviannur MR. Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. J Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2019;29(1).

Aryantama Tito. Maulana Salman. Perancangan Kendaraan Tanggap Bencana Tenda Medis Modular Untuk Korban Bencana Alam. 2021;16(2):108.

BNPB. Pedoman Manajemen Logistik Dan Peralatan Penanggulangan Bencana




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i1.8190

Article Metrics

 Abstract Views : 486 times
 PDF Downloaded : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shinta Simehate, Wheny Utariningsih, Mardiati Mardiati, Sarah Rahmayani Siregar, Ridhalul Ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.