IDENTIFIKASI DAN PENENTUAN KADAR SIKLAMAT PADA SIRUP TRADISIONAL ACEH YANG DIJUAL DI KOTA LHOKSEUMAWE

Al-Muqsith Al-Muqsith, Cut Sidrah Nadira

Abstract


Kebiasaan mengkonsumsi jajanan seperti minuman sirup yang diproduksi dari industri rumah tangga sudah menjadi kebiasaan umum yang ditemui di berbagai tingkat sosial ekonomi masyarakat di wilayah Indonesia. Pembuatan minuman sirup tersebut masih didapati memakai bahan kimia tambahan berupa pemanis buatan seperti siklamat. Penggunaan siklamat perlu diwaspadai karena dalam jumlah berlebihan akan menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar siklamat dalam sirup tradisional Aceh yang dijual di kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Identifikasi ada tidaknya kandungan siklamat di dalam sirup secara kualitatif menggunakan metode uji pengendapan dan uji kromatografi lapis tipis (KLT), sedangkan penetapan kadar siklamat ditentukan secara kuantitatif menggunakan spektrofotometri UV. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 7 sampel sirup tradisional aceh yang diuji, semuanya positif mengandung natrium siklamat, dengan  kadar siklamat tertinggi pada sampel E yaitu 25,54165 mg/kg dan terendah pada sampel D yaitu 6,38095 mg/kg. Kesimpulan yang didapat bahwa kadar natrium siklamat sebagai pemanis tambahan yang didapat pada seluruh sampel sirup masih sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh BPOM tahun 2019 yaitu 250-350 mg/kg.

Keywords


siklamat; sirup; spektrofotometri UV; uji KLT ; uji pengendapan

Full Text:

PDF

References


Setiawan EA, Ibrahim MN, Wahab D. Analisis Kandungan Zat Pemanis Sakarin dan Siklamat pada Minuman yang Diperdagangkan di Sekolah Dasar di Kelurahan Wua-Wua Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan 2016. 1: 45-50.

Nadesul H. Membesarkan Bayi Jadi Anak Pintar. Jakarta: Gramedia, 2008.

Suci EST. Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. Jurnal Psikobuana 2009. 1: 29.

Karunia FB. Kajian Penggunaan Zat Adiktif Makanan (Pemanis dan Pewarna) Pada Kudapan Bahan Pangan Lokal di Pasar Kota Semarang. Food Science and Culinary Education Journal 2013. 2.

Handayani T, Agustina A. Penetapan Kadar Pemanis Buatan (NaSiklamat) Pada Minuman Serbuk Instan Dengan Metode Alkalimetri. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis 2015. I(1)

Utomo Y, Hidayat A, Dafif M, Safifa. Studi Histopatologi Hati Mencit (Mus musculus L) yang Diinduksi Pemanis Buatan. Jurnal MIPA 2012, 35:122-129.

Cahyadi W. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Devitria R, Sepriyani H. Identifikasi Natrium Siklamat pada Minuman Sirup yang Dijual di Lima SD Kecamatan Sukajadi Pekan Baru, Universitas Abdurrab Jurnal Analis Kesehatan Klinikal Sains 2018. 6.

Saparinto C, Hidayati D. Bahan Tambahan Pangan. Yogyakarta: Kanisius, 2010

Sudjadi. Kimia Farmasi Analisis, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Wahyuni. Identifikasi dan Penetapan Kadar Nipagin dalam Produk Shampo Secara Kromatografi Lapis Tipis dan Spektrofotometri. Surakarta: Karya Tulis Ilmiah Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta, 2008.

Khopkar SM, Saptoraharjo A, Nurhadi A. Konsep Dasar Kimia Analitik. Jakarta: UI Press, 1990.

Petrus AS. Analisis Kualitatif dan Kuantitatif pemanis buatan natrium siklamat pada minuman berenergi di Palangka Raya. Palangka Raya: FKIP UNIV Palangka Raya, 2013.

Skripsi Aprillia BA. Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Makanan Jajanan pada Anak Sekolah Dasar (Skripsi). Semarang: Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponogoro, 2011

Regina TP, Marwadi S. Validasi Metode Analisis Siklamat secara Spektrofotometri dan Turbidimetri. Jurnal Sains Dasar Univ Karangmalang Yogyakarta 2015. 4(1): 23-9.

Nurul Q, Karmila. Identifikasi Siklamat pada kuah dadar gulung yang dijual dikawasan pelabuhan Rambang kota Palangka Raya. Palangka Raya: Surya Med, 2017.

Depkes RI. Hati-hati Jangan Jajan Sembarangan, Diakses dari http://www.gizikia.depkes.go.id/archives/837, 2011.




DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v7i1.3246

Article Metrics

 Abstract Views : 1869 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Muqsith Al-Muqsith, Cut Sidrah Nadira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Print ISSN :
2477-5231
Online  ISSN
:
2502-8715

Publisher:
Unimal Logo

Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Jl. Meunasah, Uteunkot Cunda, Lhokseumawe, 24351, Provinsi Aceh, Tel/fax : 081376575984, Email: averrous@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.