GAMBARAN KEMAMPUAN KONSENTRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Cut Sidrah Nadira, Cut Khairunnisa

Abstract


Mahasiswa Kedokteran memiliki jadwal kegiatan yang cukup padat dan tugas yang banyak sehingga untuk menyelesaikannya dibutuhkan organisasi waktu dan pekerjaan yang baik. Tak jarang tugas-tugas tersebut dikerjakan bersamaan dengan pekerjaan lainnya. Menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu cenderung menyebabkan lebih banyak distraktor yang diolah oleh otak. Untuk mempertahankan performa seseorang dalam melakukan pekerjaan tersebut dibutuhkan konsentrasi yang baik sehingga distraksi yang banyak dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat konsentrasi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh. Penelitian yang dilaksanakan di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 38 orang diperoleh dengan metode convenience sampling. Identifikasi kemampuan konsentrasi mahasiswa ini dilakukan menggunakan metode Digit Span Test Forward & Backward, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai untuk digit span forward yang didapatkan adalah 6,95 ± 1,39 dengan skor median 7; dan untuk digit span backward, rerata 5,37±1,57 dengan skor median 5. Distribusi frekuensi tingkat konsentrasi sebagian besar responden di atas skor 7 untuk digit span forward (68,42%) dan di atas skor 5 untuk digit span backward (71,05%). Hasil ini menunjukkan gambaran kemampuan konsentrasi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh memiliki nilai yang cukup baik (berada di atas atau sama dengan nilai median)

Keywords


Ilmu Kedokteran Dasar dan Terapan

Full Text:

PDF

References


Sörqvist P, Marsh JE. How concentration shields against distraction. Curr. Dir.Psychol.Sci. 2015; 24: 267–272. doi:10.1177/0963721415577356

Smid HG, de Witte MR,Homminga I, van den Bosch RJ. Sustained and transient attention in the continuous performance task. J Clin Exp Neuropsychol. 2006(6):859-83

Dalton P, Santangelo V, Spence C. The role of working memory in auditory selective attention. Q J Exp Psychol 2009(62):2126–2132. doi:10.1080/17470210903023646

Sorqvist P, Dahlstrom O, Karlsson T, Ronnberg J. Concentration: The neural underpinnings of how cognitive load shields against distraction. Front. Hum. Neurosci. 2016(10):221. doi: 10.3389/fnhum.2016.00221

Monaco M, Costa A, Caltagirone C. Forward and Backward Span for Verbal and visuo-spatial data: standardization and normative data from an Italian adult population. Neuro.Sci 2013 (34):749-754

Prifitera A, Saklofske DH,Weiss LG. WISC-IV Clinical Use and Interpretation: Scientist-Pratitioner Perspectives. New York. Elsevier. 2011

Olivia F. Mendampingi Anak Belajar: Bebaskan Anak Dari Stres dan Depresi Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2010

Ikawati, M.P.D. Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Menggunakan Konseling Kelompok bagi Siswa. Psikopedagogia, Vol. 5, No.1, 2016

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2013

Gregoire J, van der Linden M. Effect of Age on Forward and Backward Digit Spans. Aging, Neuropsychology and Cognition. 1997 (4):2 pp 140-149




DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v6i2.2232

Article Metrics

 Abstract Views : 54 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AVERROUS

License URL: https://creativecommons.org


Copyright © AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh

Diterbitkan Fakultas Kedokteran Universitas Malikusaleh

Unimal LogoCreative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License