Implementasi Modul Ajar Matematika berbasis Literasi dan Numerasi Untuk Kemandirian Belajar Santri Kelas VIII Dayah Miftahul Jannah Krueng Geukuh Aceh Utara

Maryana Maryana, Zuraida Zuraida, Eva Darnila, Fatimah Fatimah, Muhammad Muhammad

Abstract


Implementasi Modul ajar Matematika berbasis literasi dan numerisasi sangatlah penting bagi santri dan santriwati panti asuhan Dayah Miftahul Jannah Kreung Geukuh Aceh Utara, hal ini sangat mendukung untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan modul ajar matematika, supaya membantu santri dan santriwati panti asuhan memiliki pegangan bahan belajar sebagai pengganti buku paket yang menarik, praktis dan efisien. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi : (1) Tahapan Perencanaan Implementasi Modul Ajar matematika berbasis literasi dan numerisasi ; (2) Persiapan Tempat Pelatihan Penggunaan Modul ajar; (3) Memberikan pelatihan tentang penggunaan Modul ajar Matematika bagi santri dan santriwati panti asuhan. (4) Penyerahan Modul Ajar untuk masing-masing santri ndan santriwati panti asuhan Dayah Miftahul Jannah Kreung Geukuh Aceh Utara. Luaran yang dihasilkan adalah adanya Modul ajar Matematika berbasis literasi dan Numerisasi. Luaran dari kegiatan pengabdian Desa Binaan ini berupa: (1) Laporan Pengabdian, (2) Publikasi ilmiah pada jurnal berbasis OJS, (3) Publikasi kegiatan pada media cetak atau online, dan (4) Dokumen kerjasama dengan mitra.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.1976/tts%204.0.v3i3.9470

DOI (PDF): https://doi.org/10.1976/tts%204.0.v3i3.9470.g4218

Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.