APLIKASI TEKNOLOGI SISTEM KONTROL FUZZY INFERENCE SYSTEM DALAM PENENTUAN KRITERIA PRIORITAS KONSENTRASI PEMBANGUNAN GAMPONG

Rozzi Kesuma Dinata, Munirul Ula

Abstract


Konsentrasi prioritas pembangunan gampong merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan pemerintah dalam upaya penanggulangan daerah tertinggal. Penanggulangan ini dilakukan melalui penyediaan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, serta pengembangan potensi ekonomi lokal yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan di wilayah pergampongan. Program ini dilakukan untuk lebih mendorong pemerintah dalam peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di gampong. Penyaluran dan pengelolaan dana yang tidak tepat akan mengakibatkan tersendatnya upaya pemerintah dalam menyelesaikan konsentrasi pembangunan gampong. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengontrol penyaluran dana untuk mengawasi dana dan program prioritas gampong di wilayah gampong Alue Awe kecamatan Muara Dua Sistem Kontrol Fuzzy Inference digunakan untuk mengontrol nilai masing-masing variabel berupa tingkat kebutuhan, akses sumber daya, tingkat kepentingan, tingkat partisipasi dan tingkat pembangunan agar nilai tersebut tetap berada pada batas normal. Nilai yang telah di fuzzy kemudian akan dimasukkan ke dalam  aspek-aspek penilaian promethee. Hasil nilai perangkingan promethee tertinggi akan dijadikan prioritas untuk kegiatan konsentrasi pembangunan gampong. Hasil penelitian ini dapat membantu tim pengelola serta masyarakat dalam menentukan prioritas konsentrasi pembangunan yaitu mengenai jenis kegiatan yang sesuai dengan keadaan gampong dan masyarakat itu sendiri. Sistem ini akan berbasis web agar semua elemen masyarakat dapat melihat penyaluran dana dan perkembangan gampong di alue Awe.


Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak Jakarta: Mediakita.

Gerdon, 2011, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa Bagi Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Amikom Yogyakarta.

http://repository.amikom.ac.id/ files/ Publikasi.pdf , diakses 2 April 2015

Hartono, F.B, 2006, Rekayasa Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Promethee Guna Pemilihan Produk Unggulan Sektor Industri Kabupaten Pekalongan, Tesis, Program Magister Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Jogiyanto, HM. 2009. "Perancangan Sistem Informasi Pengenalan Komputer". Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusrini, 2007, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, ANDI, Yogyakarta

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi Atribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Mustakini, Jogiyanto Hartono. Sistem Informasi Teknologi, Yogyakarta:Andi Offset.2009.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moekijati. 2011 "Sistem Infomasi", Prasojo

M. Aris, M.F Dina, Padeli. 2009. Gampongin dan Implementasi Data Warehouse Sebagai Pengukuran Kinerja. CCIT Journal Vol.2 No.3, Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.

Nugroho A, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pilipus Tarigan, 2013 Perancangan Alat Simulator Kontroler Lampu Rumah Berbasis Komputerisasi Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Control, Pelita Informatika Budi Darma, Volume III, Maret 2013 ISSN : 2301-9425, http://pelita-informatika.com Diakses tanggal 28 february 2016.

Setiawan, M.A., 2006, Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Promethee untuk Penentuan Pemenang Tender (Studi Kasus : Pengadaan Bahan Habis Pakai di Politeknik Negeri Malang ), Tesis, ProgramMagister Ilmu Komputer, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Triyanti, V, dan Gadis, M.T, 2008, Pemilihan Supplier Untuk Industri Makanan Menggunakan Metode Promethee, Journal of Logistics and Supply Chain Management, Vol 1, No. 2, June 2008: 83-92 Teknik Industri, Unika Atma Jaya Jakarta.

http://www.jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12088392 .pdf, diakses tanggal 28 february 2016.

Turban., E., Aronson, J.E., dan Liang, T.P., 2005, Decision Support System and Intellegent System, 7th (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas Jilid 1), Dwi Prabantini, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v9i2.218

Article Metrics

 Abstract Views : 264 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).