IMPLEMENTASI METODE CUSUM (CUMMULATIVE SUMMARY) UNTUK MENENTUKAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN BERBASIS WEB DI KOTA LHOKSEUMAWE

Novia Hasdina, Rizal Rizal

Abstract


Pada Unit Laka Lantas Polres Lhokseumawe penentuan daerah rawan kecelakaan pada ruas jalan di Kota Lhokseumawe masih menggunakan sistem manual. Penentuan daerah rawan kecelakaan kurang efektif dikarenakan polisi bagian  Unit Laka Lantas Polres Lhokseumawe  hanya menggunakan data satu tahun terakhir dan harus berulang kali menghitung secara manual daerah rawan kecelakaan berdasarkan jumlah korban manusia. Dalam penelitian ini sistem Implementasi Metode Cusum (Cummulative Summary) untuk menentukan daerah rawan kecelakaan dirancang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.  Pada sistem ini terdapat tiga proses untuk menentukan daerah rawan kecelakaan, yaitu perhitungan angka kecelakaan berdasarkan pembobotan tingkat keparahan, perhitungan  blacksite dengan menggunakan metode Z-Score untuk menentukan daerah rawan kecelakaan dan perhitungan blackspot dengan menggunakan metode Cusum untuk menentukan titik rawan kecelakaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Unit Laka Lantas Polres Lhokseumawe tahun 2009-2013.Berdasarkan perhitungan metode Z-Score dan metode Cusum diperoleh daerah yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan tertinggi adalah Jl. Medan –Banda Aceh Desa Panggoi Kecamatan Muara Dua pada Sta 266 – Sta 267 (km 266,00 – km 267,00) dengan persentase kecelakaan 64%. Sedangkan daerah yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan terendah adalah Jl. Bukit Indah Desa Padang Sakti Kecamatan Muara Satu  pada Sta 0 – Sta 1 (km 00,00 – km 00,01) dengan persentase kecelakaan -1%.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2007. Pedoman Operasi Accident Blackspot Investigasi Unit/ Unit Penelitian Kecelakaan Lalu lintas (ABIU/ UPK). Jakarta: Direktorat Keselamatan Transportasi Darat.

Jeprie, Mohammad. 2013. Cara Mudah Belajar Pemrograman Web dengan PHP. Jakarta. Gramedia

Huda, Miftakhul. 2010. Membuat Aplikasi Database dengan Java, MySQL, dan Netbeans. Jakarta: PT. Elex Media.

Jogiyanto, HM. 2001. Analisis Perancangan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta

Wedasana A. S.. 2011. Dalam Tesis yang berjudul : Analisis Daerah Rawan Kecelakaan dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informa Geografis Studi Kasus Kota Denpasar). Denpasar : Universitas Udayana.

Yuhefizar, dkk. 2009. Cara mudah membangun website interaktif Menggunakan Content Management System Joomla Edisi Revisi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.129

Article Metrics

 Abstract Views : 898 times
 PDF Downloaded : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).