SISTEM PENDETEKSI TERJEMAHAN KIFAYATUL MUHTADI KEDALAM BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MINKOWSKI DISTANCE

Safwandi Safwandi, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Kitab Kifayatul Muhtadi merupakan sebuah karya Syeikh Muhammad Nur al-Fathani seorang matan Hakim Syari’ Makkah. Kitab ini disusun oleh beliau sebagai  huraian atau syarah bagi kitab Sullam al-Muhtadi karya Syeikh Daud al-Fathani iaitu sebuah kitab aqidah dan fiqh yang terkenal. Kitab Kifayatul Muhtadi dibuat dalam bahasa Arab Jawi sehingga tidak semua orang bisa membacanya dengan benar. Sebaiknya sebelum mempelajari bacaan dari isi kitab terlebih dahulu pengguna (user) mempelajari huruf Arab yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an, hal ini dikarenakan bentuk penulisannya yang sangat mirip dengan penulisan huruf Arab yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang bisa menerjemahkan kitab Arab Jawi pada kitab Kifayatul Muhtadi kedalam Bahasa Indonesia. Supaya pengguna (user) lebih mudah dalam membaca dan memahami isi dari kitab Kifayatul Muhtadi. Penelitian ini membahas tentang cara sistem yang menggunakan metode Minkowski Distance. Metode tersebut merupakan metode yang sangat cocok untuk menerjemahkan citra bahasa, selain itu metode tersebut merupakan metode yang lebih sederhana yang dapat mempermudah penulis dalam membuat kombinasi citra bahasa jawi pada kitab Kifayatul Muhtadi sebagai input data untuk mendapatkan pola terjemahan kedalam Bahasa Indonesia. Citra yang diuji nantinya akan terdeteksi terjemahan ke dalam bahasa Indonesia dari bagian isi kitab yang telah diinputkan di dalamnya sehingga pengguna (user) dapat dengan mudah membaca kata demi kata yang terdapat di dalam kitab Kifayatul Muhtadi.


Full Text:

PDF

References


Choi, Seung-Seok.at al. 2010. A Survey Of Binary Similarity And Distance Measures. JurnalSystemics, Cybernetics And Informatics Vol 8, No 1, 2010. (www.iiisci.org/journal/CV$/sci/pdfs/GS315JG.pdf, di aksestanggal 21juli 2019).

Diana, Muthmainnah, Safwandi.2019 Sistem Pendeteksi Terjemahan Kitab Bidayatul Mubtadi Wa ‘Umdatul Auladi Kedalam Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Minkowski Distance. Jurnal Techsi Vol.11, No 1 (2019)

Fitrianti, U., & Ula, M. (2017). Implementasi algoritma levenshtein distance dan algoritma knuth morris pratt pada aplikasi asmaul husna berbasis android. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).

Fuadi, W., Ula, M., & Sadli, M. (2015). The Introduction Types of Vocal Sound in Choir in Realtime Using Hankel Transformation and Macdonald Function. Academic Research International, 6(1), 1.

I WayanSuartika E. P, AryaYudhiWijaya,danRullySoelaiman. 2016.KlasifikasiCitra MenggunakanConvolutional NeuralNetwork(Cnn) pada Caltech101. JurnalTeknik, Vol.5, No. 1, ISSN:2337-3539.

Kadir, Abdul. 2013. Dasar Pengolahan Citra dengan DELPHI. Yogyakarta : Andi.

MegahMulyadanAbdiansah.2013.PenerapanMulti- ISSN:1907-4093.

Moch, IlyasFiqriHabibullah. 2014. Rancang BangunSiatem Pengenalan WajahuntukAkses Login Menggunakan Webcam denganMetodeMincowskiDistenceBerbasisDesktop.Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.Aksestanggal 1 April 2019.

Rosa. Salahuddin, M. 2014. Rekayasa Perangkat LunakTerstruktur danBerorientasi Objek.Bandung.Informatika.

Roza,Ellya.2017. Aksara Arab-Melayu di Nusantara danSumbangsihnyadalamPengembanganKhazanahIntelektual. Vol. 13, No. 1, Mei 2017, 177-204.

SriWahyonoEko, Ernastuti, 2014 dentifikasi Nomor Polisi Mobil MenggunakanMetodeJaringanSarafBuatanLearningVector Quantization. JurnalJurusan TeknikInformatika, UniversitasGunadarma.

Wardoyo, Siswo. 2014. istemPesensiBerbasisALgoritmaEigenfaceDenganMetode Principal Component Analysis.Jurnal SETRUM Vol 3, No 1, Juni 2014. (https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jis/article/viewFile/498/386, di aksestangga9 april 2019)




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i1.6286

Article Metrics

 Abstract Views : 329 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Safwandi Safwandi, Muthmainnah Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh