Evaluasi Kinerja Pemasok Dengan Pendekatan Vendor Performance Indicator Dan Traffic Light System Di PT Ika Bina Agro Wisesa

Muhammad Zakaria

Abstract


PT Ika Bina Agro Wisesa merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang usaha Agro Industri. Dalam prakteknya perusahaan ini mengabaikan pengukuran kinerja pemasok kelapa sawit sebagai bahan baku CPO di mana perusahaan tidak memberikan perhatian penting terhadap tingkat kinerja pemasok. Dengan Pendekatan Vendor Performance Indicator, Traffic Light System dan AHP, maka perusahaan akan mendapatkan kerangka sistem pengukuran kinerja pemasok yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja pemasok tandan buah segar menggunakan kriteria Vendor Performance Indicator dan Traffic Light System di PT Ika Bina Agro Wisesa dan untuk mengetahui kriteria mana yang perlu diperhatikan dari hasil evaluasi kinerja pemasok di PT Ika Bina Agro Wisesa. Berdasarkan Vendor Performance Indicator dan Traffic Light System. Pemasok yang indikator kinerjanya baik secara keseluruhan adalah Koperasi Andi Saputra dengan rincian sebagai berikut kriteria quality 91.8% untuk VPI 1 presentase kadar minyak 100% dan VPI 2 presentase tingkat kematagan buah 93%, kriteria delivery 89% untuk VPI 3 presentase ketepatan kuantitas/jumlah yang dikirim 90% dan VPI 4 presentase ketepatan waktu pengiriman 90%, kriteria cost 100% untuk VPI 5 harga bahan baku 100% dan VPI 6 periode pembayaran tagihan 100%, kriteria flexibility 82%, VPI 7 presentase dipenuhinya perubahan jumlah permintaan 72% dan VPI 8 presentase dipenuhinya perubahan waktu pengiriman 92%, kriteria responsiveness 87.5% untuk VPI 9 presentase respon problem kuantitas 75% dan VPI 10 presentase respon perubahan jadwal pengiriman 100% Perusahaan sebaiknya melakukan evaluasi pemasok secara periodik untuk mengetahui kinerja pemasok nya berdasarkan sistem evaluasi yang dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Adianto A, Saryatmo MA, Gunawan AS. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Performance Prism dan Scoring Objective Matrix (OMAX) pada PT. Bpas. Sinergi. 2014;18(2):61-70.

Choy And Hartley (1996) Dobler, D.W, Burt, D.N and Lee L, 1990, “Purchasing and Materials Management”, McGraw-Hill.Devani, V. (2015). Optimasi Perencanaan Produksi. Sains dan Teknologi Industri, 1-8.

Dobler, D.W, Burt, D.N and Lee L, 1990, “ Purchasing and Material Management”, McGraw-Hill.

Fun and Hung, 1997,” A New Measure for Supplier Performance Evaluation”, National Tsing Hun University, Hsincu, TaiwanWahyuni, D., & dkk. (2019). Optimisasi Stasiun Kerja melalui Minimisasi Bottleneck dengan Pendekatan Theory of Constraint . TALENTA Conference Indrajit, R.E, Dan Djokopranoto, 2002, “Konsep Manajemen Supply Chain, Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang”, Grasindo, Bandung.

Indrajit, R.E, Dan Djokopranoto, 2002, “Konsep Manajemen Supply Chain, Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang”, Grasindo, Bandung.Junkwon P, Takigawa T, Okamoto H, Hasegawa H, Koike M, Sakai K, Siruntawineti J, Chaeychomsri W, Vanavichit A, Tittinuchanom P et al. 2009. Hyperspectral imaging for nondestructive determination of intervalSuharyono. (2012). Penerapan Biaya Produksi Dengan Pendekatan The Theory Of Constraint (Toc) Untuk Meningkatkan Efisiensi Pada Pt Iglas Gresik Jawa Timur. Surabaya: Program Studi Akuntansi.

Maruli,Yusa 1995,”Usulan Pemilihan Bus Dan Pelayanan Pengoperasiannya pada Trayek Bojonegoro-surabaya ditinjau dari pemilik Bus”,Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur, Surabaya.

Permadi, Bambang, Utama, Bey, Sapta, 1991, Analisa Hirarki Proses, Depdikbud Pusat antar UNIV-Studi Ergonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Saaty, Thomas L., 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. PT. Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta Pusat

Suryadi, Kadarsah & Ramdhani, M. Ali 2005, “Sistem Pendukung Keputusan”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6243

Article Metrics

 Abstract Views : 405 times
 PDF Downloaded : 350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Zakaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh