GAME RPG “THE ROYAL SWORD” BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)
Abstract
Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik dan sebagai
media hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar
pemain bisa mendapatkan kepuasaan. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat sebuah game RPG yang berjudul “The Royal Sword” yaitu game
yang bertemakan kerajaan dimana pada game ini terdapat beberapa misi dan
tujuan utama untuk mengembalikan pedang kerajaan yang hilang. Adapun
metodelogi yang digunakan adalah metode Finite State Machine (FSM),
yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan
tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut:
State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah
metodologi perancangan sistem control. penerapan Finite State Machine
(FSM)sangat cocok digunakan pada game. Oleh karena itu penggunaan
metode Finite State Machine (FSM) pada game RPG The Royal Sword
berfungsi untuk batas perpindahan misi atau level agar game menjadi lebih
teratur dan tertata dengan penyelesaian secara bertahap dan berurutan.
Kata kunci : Game, RPG, The Royal Sword, Finite State Machine.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Dahlan, Baihaqi Reza, Cut Ita Erliana. 2015. Game Edukasi
Berbasis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine.
Anharku, 2009.Flowchart. Jakarta: IlmuKomputer.Org.
Albab, Ulil, Nur Wakhidah, Susanto. 2013. Pembuatan Game Puzzle Gambar
Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Menggunakan Game Maker.
Dewi, Fatma Putri Ghea. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan
Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa
SD Berbasis Macromedia Flash. Universitas Negeri Yogyakarta.
Harahap, Yudho Murphy. 2015. Perancangan Game Edukatif Sebagai Media
Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Dengan Adobe Flash CS 5.
Jeffry, Johannes Petrus. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi
PuzzlePengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linier
Congruential Generator (LCG)Sekolah Tinggi Manajemen
Informatika Dan Komputer, Multi Data Palembang.
Kim Hamilton, Russel Miles. 2006. Learning UML.
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik Dan Aplikasinya).
Millington, Burlington, Morgan Kaufmann. 2009. Artificial Intelligence for
Games.
Saputra, Muchlas Iman Teguh. Hanif Al-Fatta. 2015. Pembuatan Game RPG
“Perjalanan Rio” Menggunakan RPG Maker VX Ace.
SagitaVina, Irmina Prasetiyowati.2013. Studi Perbandingan Implementasi
Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, Dan Tuned Boyer-Moore
DalamPencarian String.
Sulindawati, Muhammad Fathoni. 2010. Pengantar Analisa Perancangan
“Sistem”
Setiawan, Iwan. 2006. Perancangan Software Embbeded System Berbasis FSM.
Ulfah Sam Nur. 2010. PembuatanAplikasiPembelajaranMateriPengolahan Citra
DenganMenggunakanTeknikKonvolusiBerbasis Multimedia.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v1i2.244
Article Metrics
Abstract Views : 1305 timesPDF Downloaded : 1640 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Fadel Marzian, Mukti Qamal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.