GAME RPG “THE ROYAL SWORD” BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)

Fadel Marzian, Mukti Qamal

Abstract


Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik dan sebagai
media hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar
pemain bisa mendapatkan kepuasaan. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat sebuah game RPG yang berjudul “The Royal Sword” yaitu game
yang bertemakan kerajaan dimana pada game ini terdapat beberapa misi dan
tujuan utama untuk mengembalikan pedang kerajaan yang hilang. Adapun
metodelogi yang digunakan adalah metode Finite State Machine (FSM),
yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan
tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut:
State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah
metodologi perancangan sistem control. penerapan Finite State Machine
(FSM)sangat cocok digunakan pada game. Oleh karena itu penggunaan
metode Finite State Machine (FSM) pada game RPG The Royal Sword
berfungsi untuk batas perpindahan misi atau level agar game menjadi lebih
teratur dan tertata dengan penyelesaian secara bertahap dan berurutan.


Kata kunci : Game, RPG, The Royal Sword, Finite State Machine.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Dahlan, Baihaqi Reza, Cut Ita Erliana. 2015. Game Edukasi

Berbasis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine.

Anharku, 2009.Flowchart. Jakarta: IlmuKomputer.Org.

Albab, Ulil, Nur Wakhidah, Susanto. 2013. Pembuatan Game Puzzle Gambar

Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Menggunakan Game Maker.

Dewi, Fatma Putri Ghea. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan

Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa

SD Berbasis Macromedia Flash. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harahap, Yudho Murphy. 2015. Perancangan Game Edukatif Sebagai Media

Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Dengan Adobe Flash CS 5.

Jeffry, Johannes Petrus. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi

PuzzlePengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linier

Congruential Generator (LCG)Sekolah Tinggi Manajemen

Informatika Dan Komputer, Multi Data Palembang.

Kim Hamilton, Russel Miles. 2006. Learning UML.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik Dan Aplikasinya).

Millington, Burlington, Morgan Kaufmann. 2009. Artificial Intelligence for

Games.

Saputra, Muchlas Iman Teguh. Hanif Al-Fatta. 2015. Pembuatan Game RPG

“Perjalanan Rio” Menggunakan RPG Maker VX Ace.

SagitaVina, Irmina Prasetiyowati.2013. Studi Perbandingan Implementasi

Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, Dan Tuned Boyer-Moore

DalamPencarian String.

Sulindawati, Muhammad Fathoni. 2010. Pengantar Analisa Perancangan

“Sistem”

Setiawan, Iwan. 2006. Perancangan Software Embbeded System Berbasis FSM.

Ulfah Sam Nur. 2010. PembuatanAplikasiPembelajaranMateriPengolahan Citra

DenganMenggunakanTeknikKonvolusiBerbasis Multimedia.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v1i2.244

Article Metrics

 Abstract Views : 1341 times
 PDF Downloaded : 1764 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fadel Marzian, Mukti Qamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.