PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MADAT

Rahmi Saputri, Syarifah Rita Zahara, Nuraini Fatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video berbasis praktikum terhadap keterampilan generik sains peserta didik di SMA Negeri 1 Madat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design, pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Software SPSS Ver 25. Hasil analisis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 86,76 dan kelas kontrol sebesar 77,76. Berdasarkan uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.00<0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik pada materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Madat

Keywords


Media Pembelajaran, Video Berbasis Praktikum, Keterampilan Generik Sains

Full Text:

PDF

References


A'yun, K. (2010). Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gelombang Elektromagnetik Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII RSBI Semester 1 di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas 2003 No 20. Undang-undang Republik Indonesia.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sadiman, A. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: pendidikan prenada.

Selvianti, Ramdani, dan Jusniar. (2013). Evektivitas Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor; Konsep dan Apilkasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wood, K. (2011). Education is Basic. New York: Taylor & Francis Group.

Wuri Wuryandani. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganeraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.9963

Article Metrics

 Abstract Views : 106 times
 PDF Downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmi Saputri

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter