PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Fatimah Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Direct Instruction ( DI ) dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada pembelajaran fisika. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang di dasarkan pada pokok bahasan Listrik Dinamis dengan pembelajaran DI. Siklus pertama berlangsung selama 2 x 45 menit, siklus kedua selama 2 x 45 menit. Prosedur PTK ini mengikuti langkah-langkah PTK yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya yaitu tahap planning (rencana, implementing (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi) yang kemudian diikuti dengan perencanaan ulang pada siklus kedua. Setelah melaksanakan siklus 1 dan siklus 2 hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 31% dimana nilai tertinggi nya 88 dan nilai terendah 25 meningkat pada siklus 2 menjadi presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81% dimana nilai tertingginya 90 dan nilai terendahnya 40

Keywords


Direct Instructtion, Hasil belajar, Fisika

References


Alberty (1998). Pilar-pilar utama pendidikan. Bandung: Penerbit Kolbu.

Balitbang Kemdikbud. (2006). Standar Operasional Proses Kurikulum KTSP. Jakarta:

Kemdikbud.

Hamalik, O. (2009). Prosedur Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Hakim, A, Liliasari, Kadorohman, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural

Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting

Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3):

-553.

H.J. Gino (1998), Ciri-ciri pembelajaran sukses. Penerbit: IKIP Malang

Herbart, J. (2001). Konsep utama Pembelajaran Bandung. Penerbit: Kolbu.

Madya, S. (2011). Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta

Mathen, K. (1996). Fisika untuk SMA kelas XI IPA. Jakarta: Erlangga.

Pabichara krisna. (2007).12 Rahasia pembelajaran cemerlang. Bandung: Kolbu

Rohani, A. (2003). Sumber utama motivasi belajar. Bandung: Irama widya.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses. Jakarta: Kencana.

Soedarso. (2004). Speed Learning untuk segala umur dan semua kalangan. Jakarta: CV Fauzan

Inti Kreasi.

Subiyanto. (1990). Strategi belajar mengajar ilmu pengetahuan alam. Malang: IKIP Malang

Suparman. (2007). Pendidikan IPA Sekolah Menengah. Jakarta: Studi Magister Pendidikan

Matematika dan IPA UPI.

Sunardi. (2006). IPA Bilingual untuk SMP kelas IX semester 1 dan 2. Bandung. Yrama widya.

Suharsono. (2014). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Supiyanto. (2006). Fisika untuk SMA kelas IX Jakarta: Phibeta




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.3344

Article Metrics

 Abstract Views : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fatimah Fatimah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.