PENERAPAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI SMAN 4 PALANGKA RAYA

Kartina Mahadewi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis contextual teaching and learning pada materi gelombang mekanik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental. Desain penelitian yang dipakai adalah one group pretest posttest design. Siswa kelas XI-MIPA 1 SMAN 4 Palangka Raya yang berjumlah 25 siswa merupakan sampel pada penelitian ini. Instrumen penilaian yang digunakan berupa tes soal uraian (essay) sebanyak 11 butir soal. Teknik analisis data menggunakan nilai gain dan n-gain, diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 28,28. Sedangkan nilai rata-rata dari n-gain nya adalah 0,56 yang masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan LKS berbasis contextual teaching and learning pada materi gelombang mekanik. LKS berbasis contextual teaching and learning dapat mempermudah siswa dalam menghubungkan pengetahuan gelombang mekanik yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-harinya.

Keywords


lembar kerja siswa; contextual teaching and learning; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Atma, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Berkarakter. Jurnal Pendidikan dasar. 1 (1), 31-43.

Fanni Marufi Arief, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).

Fatmawati, S. (2013). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Soal Kognitif Berorientasi pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 1(2).

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lamapaha, Y. F. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Berorientasi Penalaran Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 58-68.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Kompetensi: Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia.

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Tema Polusi Udara. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2).

Sari, T. D. (2014). Masril, dan Gusnedi. Pengaruh Penerapan LKS Bermuatan Nilai-nilai Karakter dalam Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Pillar of Physics Education.

Syamsu, D. F. (2019). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Kontekstual Dilengkapi dengan Mind Map pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Untuk Siswa SMA. Jurnal Bionatural. 4 (1), 26-34

Tim Pengembang . (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Zulaiha, Siti. 2016. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 01.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.13435

Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kartina Mahadewi Wulandari

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter