PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PANTAI UJONG BLANG KOTA LHOKSEUMAWE

Mulana Khairunnisa, Nursakinah Ritonga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini dilakukan di Pantai Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer berbentuk kuisioner yang dibagikan kepada pengunjung atau wisatawan Pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik serta uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil dari pengujian secara parsial menunjukkan bahwa electronic word of mouth secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada Pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe. Di mana nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,438 atau keputusan berkunjung ke Pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe akan meningkat sebesar 43,8% jika electronic word of mouth meningkat sebesar 1%.

Keywords

Citra Destinasi, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Full Text:

PDF

References

Aprilia, F., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat

Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung

Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 24(1),

–6.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang:

Universitas Diponegoro.

Mahgpiroh, A. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Citra Destinasi

Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman

Nasional Gunung Gede Pangrango (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Putra, S. P. A. M. (2017). Pengaruh E-wom terhadap Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas (Studi pada kunjungan wisatawan di DIY) (Tesis). Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi

Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen , 8(3), 734–741.

Sari, I. W. (2018). Pengaruh Citra Destinasi, Daya Tarik Wisata, Electronic Word Of Mouth

Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Berkunjung (Studi Pada Tlogo Resort Dan Goa

View Tuntang) (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Yusuf, I. S. H., & Pratama, R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap

Keputusan Berkunjung (Studi Pada Objek Wisata Pulau Maitara). Jurnal Mitra Manajemen

(JMM Online), 4(11), 1534–1546.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.