Strategi yang mempengaruhi pendapatan ayam pedaging (studi pada usaha peternakan pak Nurman Hanum di Menasah Blang kandang)

Nicen Clara Agustin, Lisa Iryani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dijalankan oleh pak nurman harun dalam melakukan usaha peternakan ayam pedaging dan kendala yang dialami oleh peternakan ayam pedaging pak nurman harun di meunasah blang kandang.penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah pemilik peternakan, karyawan dan masyarakat sekitar. Teknik analisis kata data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikaji maka peneliti menyimpulkan bahwa strategi pada peternakan pak nurman harun dilakukan dengan baik dapat dilihat pada hasil panen setiap bulannya yang mencapai target panen dan pendapatan pada peternakan pak nurman harun sangat baik. Kendala yang terjadi pada peternakan meliputi kondisi kandang yang tidak baik dan peralatan yang digunakan kurang efektif dalam membersihkan kandang ayam pedaging tersebut.

Keywords

Kata kunci : Strategi, Usaha Peternakan Ayam Pedaging, Metode Kualitatif Pendekatan Deskriptif

Full Text:

PDF

References

Dewanti, Ratih dan Ginda Sihombing. 2012. Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Buras (Studi Kasus di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan). Surakarta: Jurusan Peternakan, Universitas Sebelas Maret, Buletin Peternakan Vol.36(1):48-56,

Dirlanudin. 2008. Paradigma Baru Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Niagara Vol.1(2):47-67.

Firdausa. 2013. Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, dan Jam Kerja. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dipenogoro.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama 2004

Ilham. 2010. Pengaruh Harga, Modal, Waktu Kerja Terhadap Pendapatan Peternak di Sulawesi Selatan. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.

Layang Savitri, P.D dan M. Kembar Sri Budhi. 2015. Analisis Pengaruh Produksi Kentang, Inflasi dan Nilai Tukar Terhadap Ekspor Kentang Indonesia Periode 1993-2013. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4 (7), hal.763-775.

Priyatno, M. A. 2000. Mendirikan Usaha Pemotongan Ayam. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rangkuti, Rahmi. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Rotan.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rasyaf, M. 2010. Beternak Ayam: Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya. Republik Indonesia. 1977. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16

Republik Indonesia. 1995. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil, Usaha Menengah. Jakarta: Lembaran Negara.

Sukirno, Sadono. 2006. Mikroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zakarias, Dilago. 2007. Analisis Permintaan Daging Ayam Pada Tingkat Rumah Tangga Di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Agroforestri. ISSN : 1907-7556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.