Pengaruh keberagaman produk terhadap keputusan pembelian pada pedagang di pasar cunda kota lhokseumawe

Yuni Safitri, Sufi Sufi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keberagaman produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada pedagang di Pasar Cunda Kota Lhokseumawe. Indikator dari keberagaman produk yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelengkapan produk, merek produk, variasi ukuran produk, dan variasi kualitas produk. Sementara itu, indikator dari keputusan pembelian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu pembelian, dan jumlah pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada 80 responden yang melakukan pembelian pada pedagang di Pasar Cunda Kota Lhokseumawe. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman produk secara parsial atau secara individu berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pedagang di Pasar Cunda Kota Lhokseumawe.

Keywords

Keputusan Pembelian, Keberagaman Produk, Pasar Cunda

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Armstrong & Kotler. (2015). Marketing an Introduction Prentice Hall. (Edisi Ke Tujuh Belas). England: Pearson Education.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Marsela, D. D., Taufik, M., and Hartono. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Butik Nabila Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 2(4), 236–241.

Melda, Arini, E., and Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Etrepeneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149.

Prayugo, R., and Edwar, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sentra Pedagang Kaki Lima (Studi Pada Sentra PKL Babat Jerawat, Pakal-Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(3).

Schiffman, and Kanuk. (2015). Consumer Behavior (11th ed.). New Jersey: Global Edition.

Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, and Nugroho, L. (2020). Perilaku Konsumen dan Perkembangannya di Era Digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.