PENGARUH PELAYANAN DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MINI MARKET ARIFAMART KOTA LHOKSEUMAWE

Bebby Wijaya, Risna Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan konsumen Mini Market Arifamart Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan di Mini Market Arifamart Kota Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Mini Market Arifamart Kota Lhokseumawe yang berjumlah 6.000 orang, dan penentuan sampel menggunakan Teknik “non-probability samplingserta rumus yang digunakan dalam penentuan jumlah responden menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 98 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda, uji instrumen serta uji asumsi klasik menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan menunjukkan bahwa pelayanan dan kinerja karyawan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kinerja karyawan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen.

Keywords

Pelayanan, Kinerja Karyawan, dan Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Bandung: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan K.L. K. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Indeks.

Muhammad. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawirosentono, S. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Rambat, L. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Supranto, J. (2006). Pengkuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar (Cetakan Ke Tiga). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran (Kedua). Yogyakarta: Andi Offset.

Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Gultom, V, S, D., Situmorang, T, G., Arindi, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Cleaning Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. ISS Indonesia. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol. 3, No.1, 2018. e- ISSN: 2579-759X.

e-journal.sari-mutiara.ac.id

Jodi Setiawan Antok Gede Wayan I, (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Artha Adyamurthi Di Kediri Tabanan. Jurnal Satyagraha, Vol. 01, No.02, Agustus 2018-Januari 2019 ISSN: 2620-6358.

ejournal.universitasmahendradatta.ac.id

Subagja, K, I., Hakim, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Grand Candi Semarang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 8, No. 3 September-Desember 2020, p-ISSN: 2338-4794, e-ISSN: 2579-7476.

ojs.ekonomi-unkris.ac.id

Sasoengko, N., & Putri, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISSN: 2460-0784.

publikasiilmiah.ums.ac.id

Sunarsih, P, A, D., & Nurtjahjani, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sepatu Invisible Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume: 4, No: 2, Desember 2018, ISSN: 2407-3741.

jab.polinema.ac.id

Amelia, R., S.U., R., D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

ejournal3.undip.ac.id

Hasanah Maohizatul. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Taspen. (Persero) Kantor Cabang Mataram). Universitas Muhammadiyah Mataram.

repository.ummat.ac.id

Lubis Putri Astuti Lesly. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada KOPMA UMS). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

eprints.ums.ac.id

Hafisah Siti. (2020). Pengaruh Tingkat Pelayanan Dan Kinerja Terhadap Kepuasan Konsumen Minimarket 212 Sungai Kambang Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

repository.uinjambi.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.