PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART DI KRUENG GEUKUH

Dicky Rahmadani, Lisa Iryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen Pada konsumen Alfamart Krueng Geukuh.Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Alfamart Krueng Geukuh.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 konsumen dengan teknik pengambilan sampel Nonprobably Sampling. Metode pengumpulan data adalah kuesioner .Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak Harga dan Kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen .Secara parsial (uji T) variabel Harga dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan konsumen dan hasil dari nilai Koefisien Determinasi didapat R = 0,655 menunjukkan hubungan antara Harga (X1)dan Kualitas pelayanan (X2) terhadap Kepuasan konsumen(Y) adalah sebesar 65,5% yang menunjukkan bahwa Kepuasan konsumen memiliki korelasi yang positif. Angka R Square sebesar 0,568 menunjukkan bahwa Harga(X1) dan Kualitas pelayanan(X2) adalah sebesar 56,8% sedangkan sisanya sebesar 41,2% dapat dijelaskan oleh factor-faktor yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Harga, Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen

Keywords

Price, service quality, consumer satisfaction

References

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa Edisi Kedua. (Yogyakarta: Andi Offset, 2010), h. 243

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi Ketiga. (Yogyakarta: Andi Offset, 2010), h. 43.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, (Jakarta: Indeks, 2001),h. 32

Philip Kotler dan G Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2 Edisi Bhs. Indonesia dari Principle of Marketing, (Jakarta: PT Prehalindo, 1998), h. 97

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran. (Marketing Manajemen) (Jakarta: Prenhallindo, 1997), h. 178

Sugiyono.2017. Metode penelitian kuantitatif kualitatif R dan D. Penerbit Alfabeta.

Agustin, S. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).

Aswad, S., Realize, R., & Wangdra, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 77-85.

Satiani meli. ( 2018). Pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman barang jalur nugraha ekakurir (JNE) cabang Jambi. Skripsi Fakultas ekonomi dan bisnis islam negri Sultan Saifuddin Jambi.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45-53.

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2).

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Jodi, I. W. G. A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Artha Adyamurthi Di Kediri Tabanan. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 1(2), 103-110.

Si, I. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Cleaning Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. ISS Indonesia. Jurnal Mutiara Manajemen, 3(1), 193-207.

Sunarsih, D. A. P., & Nurtjahjani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sepatu Invisible Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 521-524.

Subagja, I. K., & Hakim, A. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen hotel grand candi semarang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3).

Sari, V. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453-464.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61-72.

El Fikri, M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Jumant, 9(1), 1-11.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.