STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN DI PESISIR GAMPONG KEUDE BUNGKHAI KECAMATAN MUARA BATU ACEH UTARA

Sufi Sufi

Abstract

Pendefenisian wilayah pesisir dilakukan atas tiga pendekatan, yaitu pendekatan ekologis, pendekatan administratif, dan pendekatan perencanaan. Dilihat dari aspek ekologis, wilayah pesisir adalah wilayah yang masih dipengaruhi oleh proses-proses kelautan, dimana ke arah laut mencakup wilayah yang masih dipengaruhi oleh prosesproses daratan seperti sedimentasi. Dilihat dari aspek administratif, wilayah pesisir adalah wilayah yanag secara administrasi pemerintahan mempunyai batas terluar sebelah hulu dari Kecamatan atau Kabupaten atau kota yang mempunyai hulu, dan kearah laut sejauh 12 mil dari garis pantai untuk Provinsi atau 1/3 dari 12 mil untuk Kabupaten/Kota. Sedangkan dilihat dari aspek perencanaan, wilayah pesisir adalah wilayah perencanaan pengelolaan dan difokuskan pada penanganan isu yang akan ditangani secara bertanggung jawab (Naskah Akademik Pengelolaan Wilayah Pesisir, 2000). Pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Proses pemberdayaan adalah pembangunan, yaitu sebagai collective action yang berdampak pada individual welfare. Dengan demikian membangun adalah memberdayakan individu dalam masyarakat yang berarti bahwa keseluruhan personalitas lahir dan batin seseorang ditingkatkan. Jadi pemberdayaan masyarakat berarti membangun collective personality of a society. Suatu pembangunan yang tidak berdampak pada individu bukanlah pembangunan (Pomeroy, et al., 1997). Konsep pemberdayaan (empowerment) dalam wacana pembangunan masyarakat selalu dihubungkan dengan konsep mandiri, partisipasi, jaringan kerja dan keadilan. Pada dasarnya, pemberdayaan diletakkan pada kekuatan tingkat individu dan sosial. Pemberdayaan mengesankan arti adanya sikap mental yang tangguh dan kuat. Dari konsep pemberdayaan tersebut, dapat dikatakan bahwa pemberdayaan masyarakat pesisir dan lautan merupakan pemberdayaan masyarakat pesisir untuk memanfaatkan dan mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan secara optimal dan lestari sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan khususnya masyarakat Nelayan di pesisir Gampong Keude Bungkhai Kecamatan Muara Batu Aceh Utara.

Keywords

Strategi Pemberdayaan, Kesejahteraan dan Masyarakat Pesisir (Nelayan)

Full Text:

PDF

References

Ambar Teguh S, (2004). Merubah Watak Negara Strategi Penguatan Partisipasi Kampung, Tim Lapera Pustaka Utama Jakarta

Assaury, Sofyan, 1993 Dasar Konsep dan Strategi, LPFE, 1V, Jakarta.

Februana, Ngarto. Manual Sumber Daya Masyarakat Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, Banda Aceh: International Organization for Migration, 2008.

Friedman, Marilyn M. 1992. Family Nursing. Theory & Practice. 3/E. Debora Ina R.L. 1998 ( alih bahasa). Jakarta: EGC

Hanna, robinson, Hikmat, (2006), Pengaruh Utama Partisipasi Masyarakat, C.V. Cepruy, Jakarta.

Irawan Soejito, Pengawasan Terhadap Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah, Bina Aksara, Jakarta, 1983

Kartasasmita, G. 1996. Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan pertumbuhan dan pemerataan. Penerbit PT Pustaka Cidesindo, Jakarta.

Kartiko, Restu. 2010. Asas Metodologi Penelitian,Yogyakarta: Graha Ilmu

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta. Rineka Cipta.

Kusnadi. Nelayan:Strategi Adaptasi dan Jaringan Sosial. 2000. Bandung: Humaniora Utama Press.

Kusnadi.2007. Jaminan Sosial Nelayan. Yogyakarta : Lkis Pelangi Aksara.

Leibo, Jefta. 1995. Sosiologi Pedesaan, Yogyakarta: Andi offset.

M. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim, Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia, Jakarta: Pusat Studi Hukum Tata Negara FHUI dan CV.Sinar Bakti , 1988,h.256

Mubyarto. 2000. Membangun Sistem Ekonomi, Yogyakarta, BPEF.

Setiana, lucie. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005

Soekartawi. 1998. Prinsip Dasar: Komunikasi Pertanian, UI Press, Jakarta. Suharto, Edi. 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sunarno, Siswanto. 2009. Hukum Pemerintahan Daerah Di Indonesia, Jakarta, Sinar Grafika.

Suryabrata,sumadi. 2009. Metodologi Penelitian, Jakarta: rajawali pers Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Usman, Sunyoto. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Wrihatnolo, Dwijowijoto, (2007). Administrasi Program Dan Proyek Pembangunan, IKIP, Malang.

Yusuf. 2003. Strategi Alternatif Pengentasan Kemiskinan, Yogyakarta, P3PK, Universitas Gajah Mada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.