IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK (STUDI PADA USAHA HKS.NET DI DESA PEMATANG ASILOM)

Nurul Khadijah, Lisa Iryani

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai mengimplementasian e-commerce berbasis web sebagai media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan e-commerce berbasis web yang berfungsi sebagai media promosi dalam meningkatkan penjualan produk. Serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan e-commerce berbasis web. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil studi kasus pada usaha HKS.NET (Hotspot Kampoeng Sini Network) yang berlokasi pada Desa Pematang Asilom. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan implementasi e-commerce dengan menggunakan perangkat lunak (software) macromedia dreamweaver dan xampp pada usaha HKS.NET, implementasi e-commerce berbasis web ini dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan serta dapat menyampaikan informasi secara cepat dan akurat, mengenai produk yang dijual kepada pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu usaha HKS.NET di desa pematang asilom untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan serta dapat bersainf dengan usaha yang sejenisnya.

Kata kunci  :  Implementasi E-commerce, Website, Promosi

Keywords

Implementasi; E-commerce; Website; Promosi

Full Text:

PDF

References

Adisasmita, Raharjo. (2000). Pengembangan Wilayah Konsep dan Teori. Yogyakarta. : Graha Ilmu.

Assauri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.

Basu Swasta dan Hani Handoko. (2015). Manajemen: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4 : Andi.

Henky Prihatna. (2005). Kiat Praktis menjadi web master professional. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan

Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI. Yogyakarta.

Kotler, Philip & Gery Amstrong. (2014). Principle Of Marketing. 15 Edition: Pearson.

Kotlerr, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok. Gramedia.

Laudon, J. P., & Laudon, K. C. (2017). Management Information System: Managing The Digital Firm (15th ed.). Harlow: Pearson.

McLeod, Jr. (2001). Sistem Informasi Manajemen Jilid I. PT. Prenhallindo. Jakarta.

McLeod, Jr & Schell, George P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Edisi: 10. Diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto dan Afia R Fitriani. Salemba Empat.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Nugroho, Adi. (2006). E-commerce Memahami Perdagangan Moderen di Dunia Maya. Bandung. Informatika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alphabet.

Hasugian, Penda Sudarto. (2018). “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi”. Journal Of Informatic Pelita Nusantara 82-86.

Hermiati, R. Asnawi & Kenedi. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raha Komputer Menggunakan Bahasa Pemograman Php dan Database MySql. Jurnal Media Infotama. 54-56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.