ANALISIS PESAN MORAL DALAM LEGENDA MON SEURIBÈE DI GAMPÔNG PARANG IX, KECAMATAN MATANGKULI, KABUPATEN ACEH UTARA

Muhammad Aidil Akbar, Radhiah Radhiah, Safriandi Safriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pesan moral dalam legenda Mon Seuribèe di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara dan mendeskripsikan bentuk penyampaian pesan moral dalam legenda Mon Seuribèe Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik rekam dan catat. Teknik ini dilakukan dengan mengobservasi dan mewawancarai narasumber di Gampông Parang IX, Kecamatan Matangkuli terkait kisah legenda Mon Seuribèe. Hasil penelitian menunjukkan jenis dan wujud pesan moral, yaitu: 1) hubungan manusia dan Tuhannya dalam wujud beriman dan berdoa. 2) hubungan manusia dan dirinya sendiri dalam wujud kejujuran, bertanggung jawab, kemandirian, kerendahan hati. 3) Hubungan manusia dan manusia lain dalam wujud kekeluargaan, kerukunana, tolong-menolong, menghargai dan menghormati. Hasil penelitian selanjutnya yaitu, Bentuk penyampaian pesan moral secara langsung dilihat melalui uraian pengarang dan melalui tokoh, selanjutnya bentuk penyampaian secara tidak langsung dilihat dari peristiwa dan konflik.

 


Keywords


legenda, pesan, moral.

Full Text:

PDF

References


Amin, Irzal, Syahrul R, Ermanto. (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa di Kerinci: Kategori dan Fungsi Sosial Teks. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, Vol. 1 Nomor 1. Hal. 31−41.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2010). Research desaign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harun, Mohd. (2012). Pengantar Sastra Aceh. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Hesti, Suci. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh Menceritakan Kembali Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Kumalasari, Linda Putri. (2018). Nilai Moral dalam Novel Selimut Mimpi Karya R. Adrelas Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kurniasari, Gilar Ika. (2014). Nilai Moral dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas XI SMA. Skripsi. Pirworejo: Universitas Muhammadiyah Pirworejo.

Nugraha, Fajar Briyanta Hari. (2014). Nilai Moral dalam Novel Pulang Karya Leila S Chudori. Skrispi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Putri, Cut Eva Syamsoeddin. (2016). Analisis Pesan Moral dalam Cerita Rakyat di Kecamatan Kuta Malaka. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4679

Article Metrics

 Abstract Views : 842 times
 PDF Downloaded : 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats