PENGARUH PENGGUNAAN AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 3 TAKENGON

Alfi Syahrin, Amru bin As

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh audiovisual dan motivasi siswa terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Pegasing Takengon-Aceh Tengah. Sampel diambil 125 siswa kelas dua. Data penelitian ini diambil melalui pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan hasil rapor siswa kelas dua semester dua. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (f hitung 5,050 dan p <0,050) motivasi siswa terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: Pengaruh, audiovisual, motivasi, keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Adenan Ferry. 1986. Pengaruh Penguasaan Kosa Katadan Struktur Sintaksi Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Mahasiswa IKIP Yogjakarta. Yogjakarta: FPBS IKIP.

Agustiarsyahnur. 2007. Seminar Manajemen Pendidikan. Pascasarjana UNP: Padang.

Azwar S. 1997. Reliabilitas dan Validitas (Edisi III). Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991b. Analisis Hasil Ebtanas SMP dan SMA Tahun 1989/1990. Jakarta Balitbangdikbud: Puslitbang Sisjian.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kurikulum Sekolah Menengah Umum: Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.

Depdikbud. 1984/1985. Program Akta Mengajar V-B Komponen Bidang Studi Teknologi Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Gordon, T. 1997. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Grmedia Pustaka.

Irwanto dkk. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Gramedia Utama.

Jalius Jamma. 2007. Seminar Pendidikan Kurikulum. Program Pascasarjana UNP: Padang.

Kasbolah Kasihani. 1990. Berbagai Masalah Dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMA. Malang: Rajawali Pustaka.

Lado, R. 1979. Language Teaching: A Scientific Approach. New Delhi: Tata Mc-Graw-Hill Publishing Co. Ltd.

Makmur Safei. 1994. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP. Yogjakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Muhammad Ansyar. 2007. Pendidikan Kurikulum Indonesia. Program Pascasarjana UNP: Padang.

Prayitno. 2007. Seminar Ilmu Kependidikan. Pascasarjana UNP: Padang.

Rosydah. 1990. Strategi Komunikasi Pelajar Bahasa Kedua. Dalam NurHadi dan Roekhan (ed) Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua: Sinar Baru.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644

Article Metrics

 Abstract Views : 2456 times
 PDF Downloaded : 474 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats