ANALISIS KODE PADA MOP-MOP (KAJIAN SEMIOTIK)

Putri Wahyuni, Maulidawati Maulidawati, Syahriandi Syahriandi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kode-kode yang terdapat dalam naskah Mop-mop di antaranya kode teka-teki, kode konotatif, kode simbolik, dan kode tindakan, (2) mendeskripsikan makna yang terdapat dalam naskah Mop-mop. Data penelitian ini berupa kode-kode semiotik Roland Barthes yang terdapat dalam naskah Mop-mop. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kode-kode yang terdapat dalam naskah Mop-mo, yaitu kode teka-teki (2), kode konotatif(11), kode simbolik (11), dan kode tindakan sebanyak (6), (2) makna yang terdapat dalam naskah Mop-mop di antaranya, makna dialog Meureuhui, makna salam pembuka, dan makna pantun nipah. Kode teka-teki yang terdapat dalam naskah Mop-mop sudah menunjukkan pertanyaan dan teka-teki. Kode konotatif yang terdapat dalam naskah Mop-mop merupakan kilasan-kilasan makna atau kata-kata yang mempunyai makna tersirat. Kode simbolik yang terdapat dalam naskah Mop-mop merupakan perlambangan bahasa yang sering disebut dalam kehidupan sehari-hari orang Aceh. Selanjutnya, kode tindakan yang terdapat dalam naskah Mop-mop memerlihatkan tindakan-tindakan yang disebutkan pada teks. Dalam penelitian ini, peneliti tidak menemukan adanya kode budaya dalam naskah Mop-mop.

 

Kata Kunci: Semiotik, Kode, Mop-Mop

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adri. 2009. “Sistem Kode Cerpen Indonesia Populer dalam Kumpulan Cerpen Damarcinna Karya Bustan Basir Maras: Pendekatan Semiotika Roland Barthes.” Ujung Pandang. Jurnal Sawerigading, Vol. 15 Nomor 2. Halaman 245−260.

Albar, Muhammad Wasith. 2018. “Analisis Semiotik Charles Sander Pierce Tentang Taktik Kehidupan Manusia: Dua Karya Kontemporer Putu Sutawijaya.” Lensa Budaya, Vol. 13 Nomor 2. Hal 123−136.

Agustina, Belia. 2017. “Analisis Semiotika Unsur-unsur Kebudayaan Palembang dalam Film Ada Surga di Rumahmu.” Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Agustina, Susianti. 2016. “Analisis Semiotik Roland Barthes Novel Hujan Karya Tere Liye dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaranya di Kelas XI SMA.” Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Agustina, Lili. 2017. “Analisis Semiotik dalam Kumpulan Cerpen Air Mata Ibuku dalam Semangkuk Sup Ayam.” Banjarmasin. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 2 Nomor 1. Halaman 54−63.

Aiman, Umul. 2017. “Pelestarian Kesenian Mop-mop di Kabupaten Aceh Utara.” Semarang. Jurnal Imaji, Vol. 15 Nomor 1. Halaman 113−120.

Ambarani dan Nazia Maharani Umaya. 2012. Semiotika: Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astika, I Made. 2014. “Cerpen “Kisah Pilot Bejo” Karya Budi Darma (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Bali. Jurnal Prasi, Vol. 9 Nomor 18. Hal 15−28.

Darojah, Inarozatuzzakiyati. 2013. “Nilai-nilai Moral dalam Novel 5 cm (Kajian Semiotik Roland Barthes).” Tesis. Semarang: IAIN Walisongo.

Hafiar, Hanny, Jimi Narotama, dan Detta Rahmawan. 2017. “Analisis Semiotika pada Cover Novel Trilogi Karya Vira Safitri.” Universitas Padjadjaran. Jurnal Nomosleca, Vol. 3 Nomor 1. Halaman 506−514.

Kurniawan, Rendi. 2017. “Telaah Makna Kurzgeschichte Laternen Karya Marie Luise Kaschnitz Melalui Analisis Lima Kode Semiotik Roland Barthes.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maisyaroh. 2016. “Analisis Semiotik dalam Naskah Drama Die Physiker Karya Friedrich Durrenmatt.” Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Identitaet, Vol. V Nomor 2. Halaman 1−4.

Mirnawati, Amrah Kasim, Abd. Rauf Aliah. 2016. “Simbol Mitologi dalam Karya Sastra Teks Al- Barzani (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Makassar. Jurnal Diskursus Islam, Vol. 4 Nomor 3. Halaman 468−483.

Nasution, Ikhwanuddin. 2008. “Sistem dan Kode Semiotika dalam Sastra: Suatu Proses Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Vol. IV Nomor 2. Halaman 109−115.

Putri, Arsa Sinta Herjuna. 2015. “Pesan Moral dalam Roman Heinrich Von Ofterdingen Karya Novalis Melalui Analisis Lima Kode Semiotik Roland Barthes.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasyidin. 2018. “Kesenian Mop-mop di Kabupaten Aceh Utara: Struktur Pertunjukan Kesenian Mop-mop.” Bireun. Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Vol. 10 Nomor 2. Halaman 37−43.

Sahid, Nur. 2016. Semiotika. Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuliantini, Yanti Dwi, dan Adita Widara Putra. 2017. “Semiotika dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye.” Universitas Galuh. Jurnal Literasi, Vol. 1 Nomor 2. Halaman 65−72.

Yuliastuti, Hani. 2011. “Makna Dakwah Cerpen “Ketika Cinta Mengabadikan Cinta” dalam Kumpulan Cerpen di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy (Analisis Semiotik Roland Barthes).” Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3412

Article Metrics

 Abstract Views : 537 times
 PDF Downloaded : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats