PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JERUK MANIS SEBAGAI PEKTIN DENGAN METODE EKSTRAKSI

Anugrah Yunika Tambunan, Azhari Azhari, Rozanna Dewi, Nasrul ZA, Rizka Mulyawan

Abstract


Pektin merupakan salah satu kelompok karbohidrat yang larut dalam air yang terdapat pada dinding sel dan jaringan interseluler tanaman tertentu. Dalam penelitian ini bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan pektin adalah kulit buah jeruk manis (Citrus Cinensis). Proses pembuatan pektin yang digunakan adalah proses ekstraksi padat cair, yaitu salah satu proses pembuatan pektin dengan proses transfer difusi komponen terlarut dari padatan inert kedalam pelarutnya atau dipakai untuk memisahkan analit yang ada di padatan  menggunakan pelarut organik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pektin dari limbah kulit buah jeruk manis. Sampel kulit jeruk manis 10 gr diekstraksi dengan menggunakan pelarut HCl dan pencucian pektin dengan etanol. Konsentrasi etanol yang digunakan adalah (0,06, 0,08, dan 0,1N) dengan suhu ekstraksi 60°C, 70°C. Serta 80°C. Hasil terbaik dengan kondisi optimum pada penelitian proses pembuatan pektin dari limbah kulit buah jeruk manis secara ekstraksi adalah pada konsentrasi 0,1 N dan suhu 80°C diperoleh rendemen 31,81 %, kadar air 1,80%, kadar metoksil 10,39% dan kadar galakturonat sebesar 86,24%..

Keywords


ekstraksi, galakturonat, metoksil, pektin

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syamsun, M. Luthfi, Wahyunanto A.N. 2015. Pengaruh Suhu dan Waktu pada Proses Ekstrkasi Pektin Dari Kulit Buah Nangka (Artocarpus Heterophyllus). Universitas Brawijaya

Andreas Sulihono, B. Tarihoran, T. E. Agustina. 2012. Pengaruh Waktu, Temperatur dan Jenis Pelarut Terhadap Ekstraksi Pektin dari Kulit Jeruk Bali (Citrus maxima), Jurnal Teknik Kimia.

B. L. Chua, N. Y. Kai, A. Ali. 2018. Ultrasound Assisted Extraction of Pectin from Dragon Fruit Peels, Journal of Engineering Science and Technology.

D. Constenla and J.E. Lozano. 2003. Kinetic model of pectin demethylation. Argentina

D. I. P. Lumbantoruan, S. Ginting, I. Suhaidi. 2014. Pengaruh Konsentrasi Bahan Pengendap dan Lama Pengendapan Terhadap Mutu Pektin Hasil Ekstraksi dari Kulit Durian, J.Rekayasa Pangan dan Pertanian.

IPPA (International Pectins Procedures Association). 2003. What is Pectin. http://www.ippa.info/history_of_pektin.htm. (diakses 10 september 2021)

M. Y. Sayah, R. Chabir, H. Benyahia, Y. R.Kandri, F. O. Chahdi, H. Touzani, F. Errachidi. 2016. Yield, Esterification Degree and Molecular Weight Evaluation of Pectins Isolated from Orange and Grapefruit Peels under Different Conditions, PLoS ONE.

Ranganna, S. 1977. Manual of Analysis of Fruit and Vegetable Products. Tata McGraw-Hill, New York.

Tamzil Aziz, M. E. G. Johan, D. 2018. Sri, Pengaruh Jenis Pelarut, Temperatur danWaktu Terhadap Karakterisasi Pektin Hasil Ekstraksi dari Kulit Buah Naga (Hylocereuspolyrhizus), Jurnal Teknik Kimia.

Yoakhim Y.E. Oessoe. 2021 Produksi Pektin Dari Kulit Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolis S) Dengan Interaksi Suhu Dan Lama Ekstraksi: Universitas Sam Ratulangi.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v11i1.7261

Article Metrics

 Abstract Views : 1791 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anugrah Yunika Tambunan, Azhari Azhari, Rozanna Dewi, Nasrul ZA, Rizka Mulyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats