Pelatihan Learning Management System (LMS) Ruangguru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Blended Learning

Reza Pahlevi Ginting, Hidayatsyah Hidayatsyah, Wahyu Isnanda Nasution, Sudirman Sudirman, Radhiah Radhiah

Abstract


LMS adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memproduksi, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. Melalui LMS, blended learning akan menjadi lebih efisien dengan menciptakan interaksi yang intens dan membantu guru menentukan pemahaman siswa. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan dilaksanakan dalam empat tahap dalam waktu tiga hari yaitu pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2023, bertempat di SMK Kesehatan Darussalam Lhokseumawe. Pelatihan pembuatan media pembelajaran dalam kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan fitur Ruangkelas dalam aplikasi Ruangguru. Ada beberapa tindakan yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan pelatihan, yaitu tahap pertama, peneliti melakukan pengarahan serta penggunaan fitur yang ada dalam aplikasi LMS, tahap kedua, peneliti melakukan pelatihan dalam membuat desain media pembelajaran melalui fitur Ruangkelas dalam aplikasi Ruangguru, tahap ketiga, peneliti melakukan pelatihan dalam membuat e-modul melalui fitur Ruangkelas dalam aplikasi Ruangguru, dan tahap keempat, peneliti membuat rancangan asesmen yang dapat diaplikasikan dalam LMS. Kesimpulannya, penerapan aplikasi learning management system (LMS) dapat dilakukan melalui aplikasi pendukung seperti Ruangguru dan kolaborasi dengan media lain laiknya video pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Keywords


LMS, Blended Learning, Ruangguru

Full Text:

PDF

References


A. S. Syarifudin, “Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing,” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020.

N. P. Astuti and R. Bakri, “Pelatihan Learning Management System (LMS) Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Blended Learning Pada Praktikum Perbankan Bagi Dosen Dan Mahasiswa,” LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 41–45, 2022.

Y. Efendi, U. Rio, M. Syaifullah, and S. Imardi, “J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif,” vol, vol. 1, pp. 1–3, 2020.

K. Rikawati and D. Sitinjak, “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif,” Journal of Educational Chemistry (JEC), vol. 2, no. 2, p. 40, 2020.

S. Sahronih et al., “Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Kolaboratif dengan Mengembangakan Bahan Ajar Digital Berbasis Learning Management System (LMS),” Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 383–389, 2023.

E. Herlina, “Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Dengan Menggunakan LMS Moodle,” Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 159–171, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v5i2.979.

A. Khanifah, “Peran Aplikasi Ruang Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19,” Joyful Learning Journal, vol. 11, no. 3, pp. 92–99, 2022.

H. Rosiyanti, V. Eminita, and R. Riski, “Desain media pembelajaran geometri ruang berbasis Powtoon,” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 77–86, 2020.

M. Ninawati, F. C. A. Burhendi, and W. Wulandari, “Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 7, no. 1, pp. 47–54, 2021.

R. Rosnaeni, “Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4334–4339, 2021.

A. N. Puteri, N. H. Yoenanto, and N. A. F. Nawangsari, “Efektivitas asesmen autentik dalam pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 8, no. 1, pp. 77–87, 2023.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsm.v1i2.15283

Article Metrics

 Abstract Views : 56 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

OFFICE:

Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. email: jsm.fisipol@unimal.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

free web stats
View My Stats